Penyeberangan Lembar -Padang Bai Lancar

MATARAMRADIO.COM, Lombok Barat – Kepala seksi Keselamatan Berlayar Penjagaan dan Patroli (KBPP) Kesyahbandaran otoritas Pelabuhan (KSOP) Lembar, Hermansah menegaskan penyeberangan Lembar -Padang Bai lancar. KSOP Lembar tidak melakukan buka tutup penyeberangan walau terjadi cuaca ekstrem akhir -akhir ini.

“Tidak ada buka tutup pelabuhan. Yang ada hanya penundaan jadwal keberangkaran kapal jika cuaca tidak mendukung,” jelasnya kepada wartawan di Lembar, Senin (14/12).
Menurut Hermansah, sebelum memberangkatkan kapal pihaknya selalu melakukan komunikasi dengan BMKG. Hal itu untuk mengetahui kondisi cuaca demi keselamatan dalam pelayaran. “Kita tetap memantau prakiraan cuaca yang dikeluarkan BMKG sebelum memberangkatkan kapal,” jelasnya.
Walau tidak melakukan buka tutup pelabuhan namun bila cuaca tidak memungkinkan maka jadwal keberangkatan kapal bisa ditunda. “Kita tunda sampai cuaca aman untuk pelayaran,” katanya.
Dijelaskan, setiap hari ada sekitar 25 kapal yang melakukan pelayaran dari pelabuhan Lembar menuju Banyuwangi, Padang Bai, Ketapang dan Surabaya. “Untuk tujuan Ketapang, penyeberangan baru akan dimulai tanggal 20 ini,” katanya.
Berdasarkan maklumat pelayaran dari Dirjen Perhubungan Laut, jelas Hermansah sebelum memberangkatkan kapal pihaknya harus memantau perubahan cuaca. Bila cuaca membahayakan keselamatan pelayaran maka syahbandar tidak mengeluarkan surat persetujuan berlayar (SPB) hingga cuaca betul betul aman untuk pelayaran. “Begitupun selama pelayaran, pihak syahbandar harus terus melakukan komunikasi hingga kapal sampai di tempat tujuan,” jelasnya (MRC03)

BACA JUGA:  Lembar, Saksi Lumpuhnya Sindikat Narkoba