ICLEI Siap Bantu Masyarakat Manfaatkan Energi Terbarukan

MATARAMRADIO.COM, Mataram – Potensi besar energi terbarukan yang ada di NTB hingga kini belum tergarap secara maksimal. Padahal bila hal itu bisa dilakukan maka pemanfaatan energi fosil sebagian besar bisa tergantikan. “Kami ingin mengadvokasi pemerintah daerah dan masyarakat dalam memanfaatkan energi terbarukan,” ucap Saladin dari ICLEI di Mataram, Rabu (22/7).

BACA JUGA:  Tiga Tokoh ini Disebut Bakal Moncer Pada Pilkada Lotim Mendatang

ICLEI, jelas Saladin sebagai lembaga internasional yang komitmen terhadap pemanfaatan energi terbarukan terus mendorong pemerintah atau lembaga swasta yang ingin berkiprah dalam pemanfaatan energi terbarukan agar dapat memanfaatkan potensi yang ada untuk kehidupan manusia.
Sayangnya, hingga kini baru sebagian kecil energi terbarukan yang dimanfaatkan untuk kehidupan manusia.
Saladin menjelaskan, ICLEI tidak menutup kemungkinan lembaga swasta untuk berkiprah dalam pemanfaatan energi terbarukan. Bila ada suatu komunitas yan ingin memanfaatkan energi terbarukan namun tidak memiliki pendanaan yang cukup asal didukung fakta lapangan, ICLEI dengan senang hati akan mendampingi. “Kami akan membantu mencarikan pendonor sekaligus menyempurnakan proposal yang dibuat agar sesuai keinginan pemberi dana,” jelasnya. (MRC 03)

BACA JUGA:  Wagub:  Perdagangan Orang dan Pernikahan Anak Jadi Masalah Serius di NTB