Kolaborasi, Wujudkan Transisi Energi Fosil ke Energi Terbarukan

“Saat lni menjadi masa transisi, peralihan dari energi fosil menuju energi terbarukan,” katanya di sela sela learning event Pro Women for Renewable Energy di Mataram, Selasa (28/11/23).


Menurut Rebekka walau Yayasan Rumah Energi sudah eksis selama 11 tahun bergelut di energi terbarukan. Namun, untuk mewujudkan penggunaan energi terbarukan di masyarakat perlu keterlibatan semua pihak termasuk pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota.

BACA JUGA:  Jaga Jarak di Lampu Merah, Polisi Siapkan RHK Bermotor


“Perlu kolaborasi agar program berhasil dengan baik,” katanya.


Menurut Rebekka, kehadiran Yayasan Rumah Energi hanya sebagai stimulan, selanjutnya yang berperan membantu masyarakat dalam pemanfaatan energi terbarukan adalah koperasi atau lembaga keuangan lainnya.


“Kami sudah berbicara, cuma koperasinya belum siap karena programnya singkat,” katanya.


Dengan ketidaksiapan koperasi mendampingi program energi terbarukan maka kelas Rebekka lembaga keuangan lainnya seperti BPD (Bank NTB Syariah -red), bisa menjadi solusi.
“Kami akan komunikasi lebih lanjut,” katanya.

BACA JUGA:  Terpapar Korona, 5 Pasien RSJ Mutiara Sukma Diisolasi Khusus

Keterlibatan pemerintah daerah dalam menunjang pemanfaatan energi terbarukan, menurut Tavip Rubiyanto dari Ditjen Bina Bangda Kementerian Dalam Negeri wajib dilakukan karena sesuai Perpres No 11 tahun 2023.


‘Pemerintah daerah punya kewenangan untuk membantu terlaksananya pemanfaatan energi terbarukan di masyarakat,” katanya.


Pemanfaatan energi terbarukan di masyarakat, jelas Tavip menjadi bukti keseriusan pemerintah pusat dan daerah dalam menurunkan gas emisi sesuai kesepakatan internasional.

BACA JUGA:  Menteri PPA Dorong Perempuan Perjuangkan Haknya


“Jika dilakukan sendiri maka penurunan gas rumah kaca harus mencapai 31,8 persen dan jika dilakukan secara internasional harus mencapai 42,3 persen,” katanya.


Sementara Kepala Dinas ESDM NTB, Sahdan meminta agar program energi terbarukan yang diinisiasi oleh Yayasan Rumah Energi terus dilanjutkan karena sangat membantu masyarakat.


“Ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Jadi, saya minta agar programnya terus berlanjut,” katanya. (MRC03)

>