Bollywood Berduka: Aktor Veteran Rishi Kapoor dan Irfan Khan Meninggal Dunia

MATARAMRADIO.COM – Kabar duka datang dari Industri perfilman India, Bollywood. Tiada lain adalah kabar meninggalnya dua aktor terkenal India yakni Irfan Khan pada Rabu (29/4) dan aktor Veteran Rishi Kapoor di Mumbai India pada Kamis (30/4).

Kepastian meninggalnya aktor kesohor Rishi Kapoor itu disampaikan langsung keluarga dekatnya  Randir Kapoor.

Tak pelak lagi, kabar kepergian Rishi Kapoor membuat terkejut banyak artis Bollywood termasuk aktor legendaris Amitabh Bachchan yang menyampaikan rasa suka yang mendalam dan mengaku sangat kehilangan. “T 3517 – He’s GONE .. ! Rishi Kapoor .. gone .. just passed away .. I am destroyed!”cuitan Amitabh Bachchan melalui akun tweeternya.

Aktor Bollywood Rishi Kapoor meninggal pada hari Kamis di Mumbai, setelah pertempuran panjang dengan kanker. Dia berusia 67 tahun. Rishi Kapoor dirawat di Rumah Sakit Yayasan Sir H N Reliance pada 29 April. Dia didiagnosis menderita kanker pada tahun 2018 dan kemudian pergi ke New York untuk perawatan.

Rishi didiagnosis menderita kanker pada 2018 dan ia kembali ke India dari New York pada September tahun lalu, setelah perawatan kankernya. Dia dibawa ke rumah sakit pada Rabu pagi, kata saudaranya Randhir Kapoor kemarin.

Sebuah pernyataan resmi yang mengkonfirmasi kematian aktor legendaris ini menyebutkan, “Rishi Kapoor kita tersayang meninggal dengan damai pada pukul 8.45 pagi IST di rumah sakit hari ini setelah pertempuran dua tahun dengan leukemia. Para dokter dan staf medis telah berbuat maksimal dan menghibur sang aktor hingga nafas terakhir”.

BACA JUGA:  Inilah 10 Bintang Hollywood Yang Masih Berkarir di Usia Tua

Keluarga besar mengakui telah menerima simpati yang luar biasa dari seluruh insan perfilman India termasuk penggemar berat  Rishi Kapoor di India dan seluruh dunia. Namun keluarga juga menyadari kondisi yang terjadi saat ini, dimana India juga menghadapi wabah pandemi korona yang membatasi ruang gerak siapapun untuk memutus rantai penyebaran virus korona di negeri sungai Gangga tersebut. “Dia berterima kasih atas cinta para penggemarnya yang mengalir dari seluruh dunia. Dalam kematiannya, mereka semua akan mengerti bahwa dia ingin diingat dengan senyum dan bukan dengan air mata. Pada saat kehilangan pribadi ini, kami juga menyadari dunia sedang mengalami masa yang sangat sulit dan bermasalah. Ada banyak batasan di sekitar pergerakan dan  berkumpul di depan umum. Kami ingin meminta semua penggemarnya dan simpatisan serta teman-teman dari keluarga untuk menghormati hukum yang berlaku. Dia tidak akan mendapatkannya dengan cara lain,”demikian ungkap putranya Ranbir Kapoor mewakili keluarga besar.

Reema Jain, Neetu Kapoor dan Alia Bhatt tak bisa menahan kesedihan. Mereka menangis saat pemakaman Rishi Kapoor di Mumbai. I Foto: news18.com

Perjalanan Karir Film Rishi Kapoor

Rishi Kapoor terakhir kali terlihat di seri web The Body on Netflix. Dia juga mengambil gambar untuk sebuah film di Delhi awal tahun ini.

 Rishi Kapoor  lahir pada 4 September 1952, adalah aktor India yang dikenal karena karyanya di perfilman Bollywood.  Ia menerima Penghargaan Film Nasional untuk Artis Anak Terbaik untuk peran debutnya dalam film  Mera Naam Joker yang disutradarai sang Ayah, Raj Kapoor pada 1970.

BACA JUGA:  Hadiri Senggigi Sunset Jazz 2023, Gubernur Bang Zul Bilang Begini!

Setelah itu, Rishi Kapoor mendapatkan peran utama sebagai pria dewasa dalam film roman remaja Bobby (1973) bermain dengan aktris cantik Dimple Kapadia. Terbukti, film ini membawanya meraih penghargaan sebagai aktor terbaik Filmfare Award.

Rishi Kapoor mulai kebanjiran order main film. Tidak kurang dari 92 film romantis dibintangnya sejak tahun 1973 hingga 2000.

Beberapa filmnya yang terkenal selama periode ini adalah Khel Khel Mein (1975), Kabhi Kabhie (1976), Amar Akbar Anthony (1977), Karz (1980), dan Chandni (1989). Sejak 2000-an, ia memainkan peran karakter untuk pujian kritis dalam Love Aaj Kal (2009), Agneepath (2012), dan Mulk (2018).

Rishi Kapoor dan Sridevi dalam Film Chandni (1989)
Jadi Pemeran utama bersama Amitabh Bachchan, Satrughan Sinha dan Hema Malini dalam Naseeb

Untuk penampilannya di Do Dooni Chaar (2010), ia memenangkan Penghargaan Kritik Filmfare untuk Aktor Terbaik, dan untuk perannya di Kapoor & Sons (2016), ia memenangkan Penghargaan Filmfare untuk Aktor Pendukung Terbaik. Ia merasa terhormat dengan Penghargaan Pencapaian Seumur Hidup Filmfare pada tahun 2008. Penampilan film terakhirnya adalah di The Body (2019).

Rishi Kapoor dan isteri bersama dua anak dan seorang cucu dalam sebuah sesi foto keluarga I Foto: Istimewa
 
Rishi Kapoor dan Istri Neetu Singh bersama putranya Ranbir Kapoor I Foto: Wikipedia

Kapoor sering berkolaborasi dengan istrinya, aktris Neetu Singh, dan mereka dikarunia dua orang anak, putra Ranbir Kapoor dan putrinya Riddhima Ka.

Irfan Khan: Meninggal Karena Kanker

Sehari sebelumnya, dunia perfilman India juga dikejutkan kabar meninggalnya aktor Irrfan Khan yang menghembuskan napas terakhirnya di sebuah rumah sakit di Mumbai dalam usia 54 tahun. Irfan Khan, yang telah berjuang dengan penyakit kanker untuk waktu yang lama, dirawat di rumah sakit baru-baru ini.

BACA JUGA:  Mas Jerry: Selamat Jalan  Sang Panutan!

Irfan diketahui sudah lama sakit.

Menurut pernyataan rumah sakit, Irfan Khan sedang berjuang dengan masalah perut, ia menderita infeksi usus besar. Sutradara film Shoojit Sarkar pertama kali menginformasikan tentang kematian Irrfan Khan, setelah itu pernyataan itu dikeluarkan dari rumah sakit.

Setelah kematian Irrfan Khan, veteran Bollywood termasuk Amitabh Bachchan, Akshay Kumar, Paresh Rawal memberi penghormatan dan membayar upeti.

Shah Rukh Khan sampaikan duka mendalam melalui akun tweeternya

Pada saat yang sama, Ketua Menteri Delhi Arvind Kejriwal, Ketua Menteri Rajasthan Ashok Gehlot dan para pemimpin lainnya juga memberi hormat kepadanya.

Irrfan Khan, salah satu talenta berbakat Bollywood. Irfan didiagnosis menderita penyakit tumor neuro-endokrin pada Maret 2018.

Irfan Khan pernah berobat ke luar negeri dan dinyatakan sembuh. Setelah kembali ke India, Irfan Khan bekerja di media berbahasa Inggris.

Irfan Khan meninggalkan seorang istri, Sutapa Sikdar dan putra-putranya Babil dan Ayan Khan

Irfan, merupakan salah satu aktorBollywood yang sukses merambah Hollywood. Dia pernah sukses dalam film Slumdag Millionare, juga membintangi Life Of Pi, Inferno, The Darjeeling Limited dan Jurassic World.

Akting Irfan Khan dalam Film Life of Pi

Sedihnya, ibu Irrfan, Saeeda Begum, juga meninggal dunia seminggu sebelumnya pada usia 95 tahun, dimana Irfan Khan juga hadir dan berbagi kegembiraan dengan sang Ibu.

Irrfan Khan memulai karirnya di televisi, setelah itu ia muncul dalam film. Haar, Haider, Paan Singh Tomar Na Jaane adalah film-film yang pernah meraih sukses dan dibintangi sang bintang. Selamat jalan Irfan Khan dan Rishi Kapoor. (MRC-01/indiatoday.in/indiatvnews/wikipedia)

 

>