Lebih Dekat dengan Sonu Nigam: Penyanyi Pria Bollywood Paling Sukses dan Populer

Sonu Nigam dihormati oleh Pemerintah India dengan memberikan Anugerah Padma Shri, Penghargaan sipil tertinggi keempat di negara itu atas kontribusinya di bidang seni. Ia juga merupakan pemenang beberapa penghargaan seperti Penghargaan Film Nasional, dua Penghargaan Filmfare dan dua Penghargaan Filmfare Selatan.

Sonu Nigam bernyanyi dalam film berbahasa Hindi & Kannada. Namun dia juga pernah bernyanyi dalam bahasa Odia, Gujarati, Bengali, Tamil, Telugu, Marathi, Nepali, Malayalam, Kannada, Bhojpuri, dan bahasa India lainnya.

Dia juga telah merilis banyak album non-film. Berakting di beberapa film Bollywood. Ia dikenal sebagai “Rafi modern” dan memang  mengidokan penyanyi legendaris Mohammad Rafi.

Sonu Nigam telah menyanyikan lebih dari 5.000 lagu. Ia juga dianggap sebagai “The Loard of Chords” & “Master of Melody”. Ia menerima gelar doktor dari Teerthanker Mahaveer University atas kontribusinya yang luar biasa di bidang musik pada tahun 2018.

Masa Muda

Sonu Nigam lahir pada tanggal 30 Juli 1973 di kota Faridabad, Haryana. Agam Kumar Nigam adalah ayahnya; dia dari Agra. Ibunya Shobha Nigam berasal dari Garhwal.

Sonu Nigam memiliki saudara perempuan bernama Teena Nigam, dia juga seorang penyanyi profesional. Kakak perempuannya yang lain, Meenal Nigam, adalah seorang praktisi yoga yang berbasis di Bengaluru.

Sonu Nigam mulai bernyanyi pada usia empat tahun. Ia bergabung dengan ayahnya di atas panggung menyanyikan lagu ‘Kys Hua Tera Wada’ karya Mohammad Rafi. Setelah itu ia mulai menemani ayahnya bernyanyi di pesta pernikahan  dan pesta lainnya.

Pada usia 19 tahun, ia pindah ke Mumbai bersama ayahnya untuk memulai karir Bollywoodnya. Ustad Ghulam Mustafa Khan, penyanyi klasik Hindustan melatihnya.

Perkawinan Sonu Nigam

Pada tanggal 15 Februari 2002, Sonu menikah dengan Madhurima Mishra dan dikaruniai  seorang putra bernama Nevaan. Pada suatu saat ia mengubah namanya menjadi Sonu Nigaam dengan alasan keyakinan numerologi, namun kemudian memutuskan untuk kembali ke nama lahirnya.

Karya Menyanyi dan Menulis

Sonu Nigam telah bernyanyi dalam banyak bahasa seperti Hindi, Odia, Bengali, Inggris, Gujarati, Kannada, Maithili, Bhojpuri, Malayalam, Manipuri, Marathi, Nepali, Tamil dan Telugu hingga saat ini. Dia telah merekam lagu-lagu rock, romantis, renungan, Ghazal dan patriotik.

Dia juga merilis album pop dalam bahasa Hindi, Odia, Punjabi, Chhattisgarhi, Kannada, serta album renungan Hindu dan Islam. Dia telah tampil di banyak negara seperti Amerika Utara, Eropa, Timur Tengah, Afrika, Asia dan Australia.

Sonu Nigam juga berpartisipasi dalam tur The Incredibles bersama Asha Bhosle, Kunal Ganjawala & Kailash Kher pada Mei-Juni 2007. Kemudian pada bulan September-Oktober tahun itu, ia mengadakan konser solo bernama Simply Sonu di Kanada & Jerman.

Dia adalah penyanyi India pertama yang tampil seperti itu. Dia melakukan tur ke India untuk mempromosikan singel Punjabi “Punjabi Please” pada tahun 2008.

Awal karir

Pada tahun 1993, Sonu merilis lagu pertamanya ‘OAasman Wale’ untuk film ‘Aaja Meri Jaan’. Di tahun yang sama, ia merilis album pertamanya ‘Rafi Ki Yaadein’. Selama tahun 90an, ia bernyanyi untuk banyak film seperti ‘Muqabla’, ‘Veerta’, ‘Maherban’, ‘Shabnam’, ‘Aag’, ‘Hulchul’, ‘Ramjaane’, ‘Khiladiyon Ka Khiladi’, ‘Gaddar’, ‘Barsat’ , ‘Jaanwar’, ‘Aur Pyar Ho Gaya’, ‘Badal’, ‘Jeet’, ‘Pahlawan No 1’, ‘Devta’, ‘Shera’, Sooryavansham’ & banyak lagi.

Pada tahun 1995, ia menjadi pembawa acara acara TV populer ‘Sa Re Ga Ma’. Dia menyanyikan lagu partriotik ‘Sandese Aate Hai’ pada tahun 1997 untuk film Border. Pada tahun yang sama dia menyanyikan ‘Yeh Dil Deewana’ untuk film Pardes. Kedua lagu tersebut sangat sukses.

Beberapa lagu populernya adalah “Zindagi Maut na Ban Jaye” dari Sarfarosh, “Satrangi Re” dari Dil Se, “Ishq Bina” dari Taal, “Mujhe Raat Din” dari Sangharsh, “Ruki Ruki” dari Mast, dan debutnya di Tamil “Vaarayo Thozhi” dari Jeans. Dia merilis album musiknya Deewana dengan direktur musik Sajid-Wajid dengan T Series pada tahun 1999.

BACA JUGA:  Selamat Jalan Didi Kempot, Bapak Loro Ati Indonesia

2000-2010an

Selama periode ini lagu populernya adalah “Suraj Hua Maddham” dari Kabhi Khushi Kabhie Gham, “Panchi Nadiya Pawan Ke” dari Refugee. Ia menerima Penghargaan Filmfare pertamanya untuk judul lagu Saathiya.

Pada tahun 2003, lagu Kal Ho Na Ho memberinya kesuksesan terbesar. Film tersebut membuatnya mendapatkan Penghargaan Film Nasional untuk Penyanyi Playback Pria Terbaik serta Penghargaan Filmfare.

Setelah Kal Ho Naa Ho & Saathiya, beberapa lagu suksesnya adalah “Main Hoon Na” dan “Tumse Milke Dil ka” dari film Main Hoon Na, “Do Pal” dari Veer-Zaara, “Chup Chup ke” dari Bunty Aur Babli, “Pyar ki Ek Kahani” dan “Koi Tumsa Nahin” dari film Krrish.

Lagu lainnya adalah “Inn Lamhon ke Daaman Mein” dari Jodhaa Akbar, dan “Main Agar Kahoon” dari Om Shanti Om. Pada tahun 2005, dia menyanyikan empat lagu untuk Parineeta.

Sonu Nigam adalah salah satu penyanyi playback terkemuka di 3 Idiots untuk lagu “Jaane Nahin Denge Tujhe”, “Zoobi Doobi” dan “Aal Izz Well”. Dia menyanyikan Shukran Allah untuk Kurbaan & Dekho Na & Mere Haath Main untuk Fanaa.

Dia merilis album lagu-lagu Mohammed Rafi sebagai koleksi enam disk pada tahun 2007. Dia merilis sebuah lagu sebagai penghormatan kepada Jackson setelah kematian Michel Jackson. Itu termasuk dalam album penghormatan The Beat of Our Hearts.

Sonu Nigam menyanyikan Bhajan ‘Vaishnav Jan To Tene Kahiye’ favorit Mahatma Gandhi bersama Harvard College Sangeet pada November 2007, pada pelantikan presiden ke-28 Universitas Harvard, Drew Gilpin Faust.

Sonu Nigam berpartisipasi dalam tur tiga kota di Inggris, menyanyikan lagu-lagu Rafi bersama City of Birmingham Symphony Orchestra (CBSO) pada Juli 2008.

Pada tahun 2009, ia berpartisipasi dalam tur AS bersama Sunidhi Chauhan, bernama tur The Explosion 2009. Dia juga berpartisipasi dalam tur I UK bernama All Izz Well pada November 2010. Dia berkolaborasi dengan Kakas Entertainment & Laxmikant-Pyarelal untuk Konser Maestros membawakan lagu-lagu Mohammed Rafi pada tahun 2011.

Lagu Sonu Nigam

Dia menyanyikan lagu populer Chori Kiya RE Jiya dari Dabanggas & judul lagu Tees Maar Khan, dia menyanyikannya dalam 54 suara.

Lagunya Aye Janani untuk Kandhar, merupakan lagu tertinggi dalam daftar vokal manusia dengan upaya tenggorokan terbuka tanpa menyanyikan falsetto. Pada tahun 2010, ia dianugerahi Penghargaan Akademi Musik India Global untuk lagunya All Izz Well.

Pada tahun 2010, ia juga dianugerahi BIG Star Entertainment Awards untuk Penyanyi Playback Terbaik Dekade ini (2000–2010) (MALE) dan Penghargaan Musik India Global untuk Penampil Live Terbaik (Pria).

Pada tahun 2011, Sonu Nigam berkolaborasi dengan Britney Spears pada remix lagu “I Wanna Go” miliknya & pada tahun 2012, ia kembali berkolaborasi dengan DJ Avicii pada lagunya “Indian Levels”, yang diproduseri oleh Avicii.

Pada tahun 2011, ia juga berkolaborasi dengan saudara laki-laki Michael Jackson, Jermaine Jackson untuk lagu ‘This Is It’. Itu ditulis & disusun oleh Sonu sebagai penghormatan kepada Michael Jackson.

Pada upacara pembukaan Piala Dunia Kriket 2011, dia membawakan lagunya sendiri ‘Let’s Go for Glory’. Selama tahun 2012-2015 banyak lagunya yang di-redubbing oleh penyanyi lain karena perjuangannya untuk mendapatkan royalti. Lagunya Abhi Mujh Main Kahin dari Agneepath sukses besar di tahun 2012.

Sonu Nigam menerima banyak penghargaan untuk lagu itu termasuk 5th Mirchi Music Awards untuk Male Vocalist of The Year, BIG Star Entertainment Awards 2012, 18th Lions Gold Awards, 2013 Zee Cine Awards, 19th Lions Gold Award, 2013 Times of India Film Awards dan masih banyak lagi. .

Bahkan ia masuk nominasi Penyanyi Playback Pria Terbaik di Filmfare Awards. Abhi Mujh Main Kahin adalah salah satu lagu terbaik. Pada tahun 2013, dia menyusun judul lagu untuk Singh Saab The Great.

BACA JUGA:  O Maahi dan Lutt Putt Gaya, Dua Lagu OST‘Dunki’ Shah Rukh Khan  Makin Mendunia

Dia juga menggubah musik untuk Sooper Se Ooper & Jal dengan pemain perkusi Bickram Ghosh.

Pada tahun 2013, ia menduduki peringkat artis nomor 1 di tangga lagu Billboard AS Uncharted sebanyak dua kali pada bulan September dan Oktober.

Pada tahun 2014, dia menyanyikan “Bhagwan Hai Kahan Re Tu” dan “Love is a Waste of Time” untuk PK. Di tahun yang sama, ia merilis single ‘Trini Ladki’ bersama Chutney Music.

Kolaborasi ketiganya dengan Ajay-Atul menjadi populer bernama Sapna Jahan pada tahun 2015. Ia merilis single ‘Crazy Dil’ bersama Rajkumar Hirani, Farah Khan, Sunil Grover, Kailash Kher, Natalie Di Luccio & putranya Nevaan pada tahun 2016.

Pada tahun 2017, Sonu Nigam melakukan kolaborasi internasional dengan DJ Ksmr untuk lagu Underwater.

Sonu dan pemain kriket Sachin keduanya berkolaborasi untuk single debut Sachin ‘Sachin’s Cricket Wali Beat’.

‘Hans Mat Pagli’ & “Gori Tu Latth Maar” dari Toilet: Ek Prem Katha & “Maana Ke Hum Yaar Nahin” dari Meri Pyaari Bindu sangat populer.

Dia juga menyanyikan ‘Halka Halka’ untuk Raees, tapi itu tidak dimasukkan dalam film karena beberapa alasan kreatif. Nanti ada di YouTube. Lagunya Aazadiyan dari Begum Jaan disusun oleh Anu Malik.

Sonu Nigam berkolaborasi dengan rapper Amerika MC Yogi pada tahun 2018 untuk lagu ‘Hall Of Fame’. Lagunya Aye Zindagi disusun oleh Vishal Mishra, memiliki lima versi lagi Asha Bhosle, Alka Yagnik, Suresh Wadkar, Abhijeet Bhattacharya dan Shaan.

Dalam film Sanju, lagunya Main Badhiya Tu Bhi Badhiya menjadi sangat populer. Dia menyanyikan remake Badan Pe Sitare (Mohammad Rafi) untuk Fanney Khan karya Anil Kapoor.

Ia menyanyikan Tik Tik Plastik untuk menyampaikan pesan sosial Say No To Plastic. Untuk lagu Mumbai River Anthem untuk menyelamatkan sungai Mumbai, dia berkolaborasi dengan Amruta Fadnavis.

Dia melakukan perjalanan ke Inggris untuk turnya ‘Rafi Kishor aur Main’ pada 14 November 2021. Itu dibawakan oleh Grace Entertainment. Dia membawakan lagunya sendiri dengan penyanyi legendaris Kishor Kumar & Mohammad Rafi.

Sonu Nigam meluncurkan Seri NFT dengan single berbahasa Inggrisnya ‘Hall of Fame’. Dia adalah penyanyi India pertama yang meluncurkan NFT. Label ‘Saya Percaya Musik’ :

Pada tanggal 30 Juli 2020, ia meluncurkan label musiknya sendiri “I Believe Music”. “Rudhrashtakam” adalah lagu pertama di bawah label I Believe Music.

Bekerja di Kannada

Pada tahun 1886, dia menyanyikan lagu pertamanya Yello Yaro Hego dalam bahasa Kannada untuk film Jeevanadhi. Dia menyanyikan lebih dari 600 lagu Kannada.

Sonu Nigam menyanyikan “Cheluve Yeke Bande”, “Pahlawan Titanic Nee Nanna Cheluve”, judul lagu dari Monalisa, “Hamsave Hamsave”, “Kannale Kannale” & “Baaninda Baa Chandira. Film Mungaru Male menciptakan sensasi dan menelurkan beberapa rekor, terutama di Karnataka pada tahun 2006.

Saat ini lagu-lagu Nigam Kanada lebih memuaskan dibandingkan dengan lagu-lagu Hindi. Lagu-lagu Kannada memberinya hal positif.

Dia menganggap Bangalore sebagai tempat kelahirannya yang kedua. Video untuk lagu “Neene Bari Neene” dan “Baa Nodu Gelathi” diambil di Bangalore dengan Nigam dan model Madhuri Bhattacharya sebagai pemeran utama.

Sonu Nigam menyusun lagu mereka untuk tim Buldoser Karnataka di Liga Kriket Selebriti. Dia bernyanyi bersama Kunal Ganjawala & Sowmys & juga mengisi liriknya.

Sebagai Juri dan Pembawa Acara Selebriti

Selama tahun 1995 hingga 1999, dia menjadi pembawa acara musik Sa Re Ga Ma. Pada bulan Oktober 2007, menjadi juri Sa Re Ga Ma Pa L’il Champs Internasional bersama Suresh Wadkar.

Pada 12 Desember 2009, dia menjadi juri selebriti di grand final Sa Re Ga Ma Pa Mega Challenge.

Dia menjadi pembawa acara acara TV Kisme Kitna Hai Dum di Star Plus. Dia juga tampil sebagai juri di Indian Idol Musim 1 selama Oktober 2004 hingga Maret 2005, musim 2 selama November 2005 hingga April 2006. Selama musim 3 & 4 Indian Idol dia menjadi juri selebriti.

BACA JUGA:  Film 'Jawan' Shah Rukh Khan Raih Dua Anugerah Filmfare ke-69: Film Aksi dan VFX Terbaik 2024

Di Radiocity 91.1 FM, dia menjadi pembawa acara Life Ki Dhun bersama Sonu Nigam pada tahun 2006. Dia seharusnya mewawancarai para musisi di acara itu.

Pada bulan Agustus 2007, ia tampil sebagai juri selebriti STAR Voice of India musim 1 & musim 2 pada bulan Desember 2008. Ia juga menjadi juri selebriti di Grand Final reality show musik Jo Jeeta Wohi Super Star pada 12 Juli 2008 .

Pada tahun 2010, ia menjadi juri/mentor di Chhote Ustad-Do Deshon Ki Ek Awaaz bersama Rahat Nusrat Fateh Ali Khan. Bahkan ia juga menjadi juri/mentor musim X Factor India bersama Sanjay Leela Bhansali & Shreya Ghoshal.

Pada tanggal 23 Agustus 2015, ia berbagi pengalaman hidupnya di The Anupam Kher Show. Dia juga salah satu dari tiga juri di Indian Idol 2016-17.

Sonu Nigam menjadi pembawa acara Mirchi Music Awards ke- 3 , ke-6 , ke – 8 , ke-9 , ke- 11 , ke -13 & ke -14 . Dia tampil sebagai salah satu juri dalam reality show musik Bengali Super Singer musim 3 di Star Jalsha.

Gaya dan Pengaruh Bernyanyi

Di Bollywood Nigam adalah salah satu penyanyi paling populer. Dia adalah inspirasi bagi penyanyi baru. Dia memiliki suara & tekstur yang mirip dengan Mohammad Rafi. Sejak Lata Mangeshkar Di antara semua penyanyi kontemporer Sonu Nigam adalah yang terbaik, Bahkan Arman Malik mengambil banyak inspirasi darinya.

Pada Shreya Ghoshal , dia adalah penyanyi favoritnya. SP Balasubrahmanyam & Palash Sen dari Euphoria (Band India) juga mengapresiasi nyanyian Sonu.

Kontroversi

Rangkaian tweetnya yang mencap Azaan menjadi kontroversi karena seorang anggota kelompok agama tersinggung atas masalah tersebut dan cara dia menyuarakan keprihatinannya.

Belakangan Sonu Nigam mengklarifikasi bahwa dia tidak menentang ritual keagamaan tertentu tetapi menentang penggunaan pengeras suara sebagai penyebab polusi suara.

Ia kembali membuat kontroversi dengan memposting video Azaan yang menunjukkan dirinya terganggu karena kebisingan dini hari.

Alhasil, Syed Sha Atef Ali Al Quaderi, wakil presiden Dewan Minoritas Bersatu Benggala Barat mengumumkan hadiah sebesar ₹10 Lakh kepada siapa saja yang mencukur kepala Nigam, untuk itu ia membalasnya dengan mencukur kepalanya sendiri untuk mengklaim hadiah tersebut.

Setelah kematian Sushant Singh Rajput pada tahun 2020, dia memposting video yang mengatakan bahwa industri musik juga dimonopoli oleh dua perusahaan besar dan dia juga menghadapi diskriminasi serupa.

Pada bulan Februari 2022, dia dituduh bekerja dengan Rocky & Tuan Rehan Siddiqui. Mereka masuk daftar hitam berdasarkan rekomendasi Konsulat Jenderal India karena malpraktik dan mendukung kelompok teror yang berbasis di Pakistan.

Penghargaan dan Kehormatan

Sonu Nigam adalah pemenang banyak penghargaan termasuk satu Penghargaan Nasional, dua Penghargaan Filmfare dalam bahasa Hindi & dua Penghargaan Filmfare di Selatan.

Sonu Nigam adalah penerima 17 nominasi untuk penyanyi playback terbaik Filmfare & 10 nominasi untuk penghargaan Filmfare Selatan. Dia menerima 4 empat Penghargaan IIFA untuk Penyanyi Playback Pria Terbaik dan juga sembilan nominasi untuk hal yang sama.

Pada tahun 2014, ia menerima nominasi Oscar Acadamy Awards untuk soundtrack film Jal, yang disusun oleh Sonu Nigam & Bickram Ghosh. Pada bulan September & Oktober 2013, ia menduduki peringkat artis no-1 di tangga lagu Billboard AS Uncharted sebanyak dua kali.

Dia juga merilis album pop dalam bahasa Hindi, Odia, Punjabi, Chhattisgarhi, Kannada, serta album renungan Hindu & Islam melalui  Majalah ViV . (editorMRC)

Catatan: foto-foto dalam artikel ini sepenuhnya merupakan hak cipta pemiliknya. Jika Anda merasa bahwa gambar apa pun yang diposting di sini merupakan pelanggaran hak cipta, silakan kirim pesan kepada redaksi.