10 Partai Pemilu 2024 ini Terancam Tak Lolos ke Senayan

Sebagaimana survei terbaru Indikator Politik Indonesia yang mencatat PPP, PSI, dan delapan partai lainnya tidak lolos ambang batas parlemen 4 persen dan gagal masuk DPR di Pemilu 2024.

PPP duduk di urutan kedelapan dengan elektabilitas 2,8 persen. Sementara itu, PSI di posisi berikutnya dengan 2,4 persen.

Partai-partai lainnya adalah Perindo (1,7 persen), Partai Ummat (0,8 persen), Partai Hanura (0,4 persen), PBB (0,4 persen), Partai Gelora (0,3 persen), Partai Buruh (0,2 persen), Partai Garuda (0,2 persen), dan PKN (0,1 persen).

BACA JUGA:  Ketika Media Asing Soroti Kemenangan Prabowo Gibran: Winter is Coming

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menyebut hanya dua partai yang masih punya peluang lolos. Namun, dua partai itu harus berjuang habis-habisan untuk memastikan kemenangan.”Saya tidak ingin katakan PPP atau PSI tidak lolos, tetapi mereka struggling untuk bisa lolos dari lubang jarum 4 persen. Di luar itu agak berat,” kata Burhan baru-baru inì.

Dalam survei itu, ada delapan partai yang diprediksi lolos ke DPR. Peringkat pertama diduduki PDIP dengan elektabilitas 19,1 persen.

BACA JUGA:  dr Hj Nurhandini Eka Dewi: NTB Bebas Penyebaran Virus Corona

Lalu ada Partai Gerindra dengan 18,2 persen, Partai Golkar dengan 9,3 persen, PKB dengan 7,8 persen, Partai NasDem dengan 6,2 persen, PKS dengan 6 persen, PAN dengan 4,5 persen, dan Partai Demokrat dengan 4,4 persen.”Kita tidak tahu siapa yang unggul di antara dua partai ini (PDIP dan Gerindra) karena selisihnya dalam margin of error 2,9 persen plus minus,” ucap Burhan.

Survei ini dilaksanakan pada 23-24 Desember 2023 dengan melibatkan 1.217 orang responden. Responden dipilih dengan random digit dialing. Margin of error survei +/-2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

BACA JUGA:  Hasil Quickcount: Maiq Meres Menangi Pilkada Loteng

Survei serupa juga dilakukan Litbang Kompas pad Desember 2023. Litbang Kompas memprediksi 9 partai politik tidak lolos ke DPR.

Di survei Litbang Kompas, PSI meraih 2,6 persen, sedangkan PPP 2,4 persen. Tujuh partai lain yang tak lolos ke DPR adalah Partai Perindo, Partai Buruh, PBB, Partai Ummat, Partai Garuda, Partai Gelora, dan Partai Hanura. (EditorMRC)