Ketua MK : Pemilu Bangun Peradaban Bangsa

MATARAMRADIO.COM, Mataram – Ketua MK, Anwar Usman menyatakan untuk membangun peradaban bangsa yang berkemajuan maka pemilu sangat cocok diterapkan sebagai wujud demokrasi.

“Untuk memanjukan suatu bangsa dengan cara pemilu baik menggunakan sistem proposional terbuka ataupun tertutup,” katanya saat Silaturahmi Kebangsaan dengan tema ” Pemilu, Demokrasi Dan Pembangunan Peradaban Bangsa Yang Berkemajuan,” Sabtu (10/6/23).

BACA JUGA:  Korban Banjir di Pusuk Belum Berani ke Kebun


Anwar Usman menilai, maju mundurnya suatu bangsa dan masyarakat tergantung dari dirinya sendiri. Siapapun yang dipercaya untuk memimpin termasuk penyelenggara Pemilu baik KPU maupun Bawaslu agar menjalankannya secara amanah.


“Semua akan dimintai pertanggungjawabannya oleh Allah SWT,” katanya.


Indonesia, kata Anwar Usman menjadi kiblat bagi negara lain dalam menjalankn demokrasi karena banyaknya jumlah penduduk dan luasnya wilayah namun mampu menyelenggarakan pemilu secara damai.

BACA JUGA:  Pemkot Mataram Gempur Rokok Ilegal (Jilid 1)


Terkait dengan sistem pemilu, Anwar Usman menjelaskan hingga kini sidang masih berlangsung. Namun, apapun keputusan MK baik sistem Pemilu proposional terbuka maupun tertutup harus siap.


“Laksanakan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan amanah konstitusi dan undang-undang,” katanya.


Ketua DPRD kota Mataram Didi Sumardi menyatakan kita wajib mengawal jalannya demokrasi dan konstitusi.

BACA JUGA:  Tiga Kecamatan di Lobar Masuk Pengamanan Rawan Pemilu


Sedang Kapolresta Mataram, Kombes Pol Mustofa mengatakan jajaran Pemkot Mataram, Forkopimda dan penyelenggara pemilu KPU dan Bawaslu perlu meningkatkan wawasan kebangsaan agar pemilu 2024 berjalan jujur adil dan demokratis.


“Polri Presisi untuk negeri, pemilu damai menuju Indonesia emas “, katanya. (hum/MRC)