Dipulangkan Selamat, 42 Warga NTB Korban Perang Sudan

MATARAMRADIO.COM – Warga NTB yang terkena dampak konflik bersenjata perang saudara di Sudan, akhirnya telah tiba di tanah air dan disambut Sekretaris Daerah Provinsi NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM), Senin (01/05).

Jumlah WNI asal NTB ini sebanyak 42 orang dan sempat di tampung sementara di Asrama Haji Jakarta sebelum bertolak ke NTB di bawah koordinasi Kantor Penghubung NTB di Jakarta.”Pagi Senin 1 Mei 2023 ini 23 orang eksodan sudan di pulangkan ke NTB dalam 2 kloter,” jelas Sekda NTB Lalu Gita Aryadi.

BACA JUGA:  Teman Ditangkap, Pencuri HP Serahkan Diri

Disebutkan, ribuan WNI yg sedang di Sudan untuk bekerja, sekolah dan kepentingan lainnya menjadi korban. Dalam situasi sulit, Pemerintah hadir untuk melindungi dan evakuasi WNI keluar dari Sudan ke Jeddah Saudi Arabia dan kota2 lainnya yg aman untuk selanjutnya dibawa pulang ke tanah air.”Kloter pertama 4 orang tiba pukul 10.00 wita. 1 orang mahasiswa atas nama Ihsan Alwan Maulana ( Semester 4 ) asal Ampenan. 3 orang PMI yaitu Fitri Indah Yani asal Labuapi dijemput Suami dan anaknya. Ia sangat bersyukur dan berterima kasih kepada pemerintah dan Pemprov NTB yg sudah membantu kepulangannya hingga tiba dengan selamat di Lombok,”, ungkapnya.

BACA JUGA:  Mudik Gratis Surabaya - Lombok

Sekda juga mengatakan sebanyak 4 orang warga NTB eksodan Sudan kloter 1, semuanya sudah diserahkan ke keluarga masing – masing i dalam keadaan sehat dan selamat. Kloter 2 sebanyak 19 orang tiba pukul 15.00 wita.Kloter 3, direncanakan pulang hari ini, Selasa 2 Mei 2023.”Pemprov NTB terus memonitor dinamika politik dan konflik bersenjata di Sudan untuk perumusan kebijakan selanjutnya,” tegasnya. (EditorMRC)

BACA JUGA:  Banjir Bandang Sapu Perumahan Bayangkara Residence Gunungsari Lombok Barat