Berikan Bupati Tiga Youtuber, Maka Jayalah Lombok Timur!

MATARAMRADIO.COM – Berikan bupati tiga youtuber di utara tengah dan selatan, maka Jayalah Lombok Timur.

Itulah pernyataan yang dilontarkan Sekretaris Daerah Lombok Timur HM Juaini Taofik MAP dalam sambutannya mewakili Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmy usai mengukuhkan Pengurus Youtuber Lotim Community (YLC) yang disiarkan langsung LPPL Selaparang TV pada Kamis siang (18/8) di Ballroom BPVP Lotim Lenek Daya Lombok Timur.

Menurut Sekda, kehadiran Pemerintah membersamai dan mengukuhkan Komunitas Youtuber Lotim Community karena menilai komunitas ini mempunyai peran strategis untuk sama-sama membangun Lombok Timur.”Kehadiran kami untuk membersamai, bahwa di era disrupsi media, 4.0 memasuki 5.0. Salah satu mitra untuk mendelivery (menyampaikan,red) pesan yang baik, maka salah satu kluster yang tidak boleh kita kita lupakan adalah para youtuber. Sepakat!,”tegas Sekda yang diamini tidak kurang dari 250 tamu undangan yang hadir.

Sekda lantas mengulas bagaimana perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke 77 pada 17 Agustus 2022 kemarin. “Kalau kita membaca buku Bung Karno, beliau mengatakan berilah aku 1000 orang tua,akan kucabut Semeru dari akarnya. Lalu kita diberikan 10 pemuda, maka dunia ini akan terguncang. Mungkin di era ini,kita boleh mengatakan berilah Bupati tiga youtuber yang ada di utara,tengah dan selatan, maka jayalah Lombok Timur,”tandasnya.

BACA JUGA:  Rodiman Terpilih Jadi Ketua Komunitas Youtuber Lotim, Ini Target Utamanya!

Sebagai Sekda, dirinya mengaku seringkali pesan pembangunan yang disampaikan ke masyarakat tidak terkirim dengan baik. Demikian juga dengan keluhan dari masyarakat “Percuma pesan itu terkirim kalau belum centang biru atau terdelivery. Maka salah satu kluster yang bisa memastikan pesan tersampaikan adalah youtuber dan media sosial,”tegasnya.

Dia juga menuturkan bagaimana Pemerintah memperhatikan setiap masukan dan persoalan pembangunan yang disuarakan masyarakat Lombok Timur melalui jejaring media sosial.”Minggu ini saja ada tiga masalah yang kami atensi atas laporan yang masuk dan kami terima melalui media sosial,”sebutnya.

Di era 4.0 hari ini, lanjut Sekda, sosial media salah satunya YouTube, selain menjadi salah satu profesi sebagai konten kreator yang dapat menghasilkan pundi pundi rupiah , disisi lain sosial media pun memiliki kekuatan dan kecepatan dalm merubah pola pikir masyarakat “Kehadiran YLC dan para konten Kreator Se NTB yg mengikuti lomba konten Kreator memiliki peran strategis sebagai mitra Pemerintah Daerah Lombok Timur dalam menyampaikan informasi informasi positif. Mengingat kabupaten Lotim adalah kabupaten dengan jumlah penduduk terpadat, dengan sejuta potensi yang dimiliki mulai dari kekayaan alam yang sangat indah dan subur ,seni budayanya yg beragam serta aneka karya Ekraf yang tak kalah menarik dari daerah lain di Nusantara untuk terus diperkenalkan dan dikembangkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,”demikian Sekda.

BACA JUGA:  HM. Juaini Taofik, MAP: IKG Lombok Timur Terbaik Tiga di NTB    

Adapun Pengurus Youtuber Lotim Community yang dikukuhkan terdiri dari Rodiman selaku Ketua YLC, Lalu Wirahadi Kusuma (Waki Ketua), Muhamad Ilham (Sekretaris) dan Hasanudin selaku Bendahara.

Selain dihadiri Sekda Lombok Timur, turut hadir Kadis Kominfotik dan Persandian Lotim,Kadis Pariwisata Lotim, Kepala BPVP Lotim, Ketua BPPD Lotim dan sejumlah tamu undangan lainnya.

LOMBA KONTEN KREATOR

Usai pengukuhan, digelar pengumuman lomba Konten Kreator Youtuber Membangun Lombok Timur se NTB 2022 dengan 3 kategori yakni kategori umum, mahasiswa dan pelajar.

Ketua YLC Rodiman menyebutkan ada 292 peserta yang ikut ambil bagian dan para pemenang telah diumumkan serta menerima tropi, piagam penghargaan dan uang pembinaan serta doorprize yang diberikan pejabat daerah Lombok Timur. Uniknya pemenang juga berhak mengikuti pelatihan digital marketing persembahan Bapak Sabar SPd, Kepala Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Lotim.

BACA JUGA:  Drs HM Juaini Taofik MAP: Sumbangan Pendapatan Perempuan Lombok Timur Tahun 2020 Tertinggi di NTB    

SEMINAR AKBAR YOUTUBER

Acara seminar akbar Youtuber YLC disiarkan langsung LPPL Selaparang TV dan dipandu Jurnalis dan Presenter Senior Selaparang TV Sima Rista.

Ada tiga narasumber yang tampil yakni Kepala BPVP lotim Sabar SPd yang mengangkat isu fenomena konten kreator dan peluang tantangan digital marketing.

Dua narasumber lainnya adalah Youtuber sukses asal Lombok Tengah Hairil Anwar peraih Youtube Gold Play Button dengan 1,8 juta subscriber dan Ronan asal Banten Peraih Youtube Silver Play Button dengan 800 ribu subscriber. Uniknya kedua youtuber sukses ini mengelola kanal youtube dengan konten shalawat.

Mau tahu penghasilan mereka sebulan?
Eril dan Ronan mengaku mendapatkan cuan rata-rata ratusan juta sebulan. Gile bener!

Tak tanggung-tanggung, Sima Rista bahkan menguji kemampuan kedua youtuber ini membacakan alunan shalawat yang mendapat applause semua peserta seminar. Subhanallah.

Selamat dan sukses Youtuber Lotim Community (YLC)! (EditorMRC)