Sapi di Kota Mataran Divaksin

MATARAMRADIO.COM, Mataram – Tim gabungan dari Dinas Pertanian Kota Mataram dan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan NTB melakukan vaksinasi terhadap sapi-sapi yang ada di beberapa kelompok ternak di Kota Mataram sebagai upaya meminimalisir penyebaran penyakit mukut dan kuku. Salah satunya, Kelompok Ternak Beriuk Taker yang berada di Kelurahan Dasan Cermen Kecamatan Sandubaya Kota Mataram.

BACA JUGA:  Ramadhan, Judi dan Prostitusi Jadi Perhatian

Di kelompok ternak Beriuk Taker ini terdapat 29 ekor sapi. Sementara, pemerintah Kota mataram mendapat vaksin sebanyak 100 dosis.
“Hari ini kami akan melakukan vaksinasi terhadap 100 ekor sapi tidak hanya yang ada di Beriuk Taker tapi juga di Sekarbela dan kelompok ternak lainnya yang ada di kota Mataram,” jelas salah seorang paramedis, Sopian, Selasa (27/6/22).
Menurut Sopian, persebaran penyakit mulut dan kuku di kota Mataram cukup tinggi dan salah satu pencegahannya dengan vaksin selain melakukan pengobatan terhadap sapi yang sudah terpapar penyakit mulut dan kuku.
“Hanya sapi yang sehat saja yang divaksin. Kalau yang sakit harus diobati. Begitu juga sapi yang bunting tidak di vaksin,” jelas Sopian.
Selain sapi yang ada di kelompok, jelas Sopian pihaknya juga akan melakukan vaksinasi terhadap sapi milik perorangan sehingga persebaran penyakit mulut dan kuku bisa diminimalisir. (MRC03)

BACA JUGA:  Mulai 19 Mei 2022, Pasar Ternak Selagalas Tutup Sementara