Gubernur Minta Beli Produk Lokal Meski Lebih Mahal

MATARAMRADIO.COM, Mataram – Gubernur NTB, Zulkieflimansyah meminta pemerintah kabupaten /kota yang ada di NTB untuk mengutamakan pembelian produk lokal walau secara kualitas mungkin masih dibawah produk luar daerah.

“Kita gunakan produk lokal walau kualitas lebih jelek dan harga lebih mahal,” katanya saat rapat koordinasi pengawasan keuangan dan pembangunan dengan tema UKM Tangguh, Ekonomi Bertumbuh, Kamis (12/5/22).
Menurut gubernur, negara berkembang tidak akan maju jika masih berpikir mencari barang dengan kualitas bagus dan harga murah sebab industri di negara berkembang berbeda dengan negara maju.
“Industri di negara berkembang ada biaya pembelajaran. Ini yang harus dikonversi,” katanya.
Karenanya, jelas gubernur aparat penegak hukum, BPK dan BPKP tidak boleh menjadikan kelebihan harga dari pembelian produk lokal dari produk luar sebagai persoalan hukum. “Disini ada biaya pembelajaran,” tegasnya.
Menurut gubernur, gerakan bela dan beli produk lokal tidak akan memberikan dampak positif bagi pertumbuham ekonomi daerah jika dalam prakteknya, pembelian priduk lokal tidak memperhitungkan biaya pembelajaran. (MRC03)

BACA JUGA:  Gubernur : Oksigen di NTB Aman