Thailand Izinkan Masuk Wisatawan Asing Tanpa Karantina

MATARAMRADIO.COM  – Thailand mulai membuka kunjungan traveler mancanegara yang sudah divaksin lengkap tanpa harus karantina. Melalui program Sandbox, para wisatawan bisa mengunjungi destinasi Phuket, Krabi, Phang Nga, dan Koh Samui.

Melalui kebijakan ini, para wisatawan juga diizinkan jika berencana tinggal selama sepekan di empat destinasi tersebut.
Pelonggaran visa ini merupakan upaya Thailand untuk menggenjot sektor pariwisatanya yang lumpuh akibat pandemi Covid-19 sejak 2020. Meski sempat menangguhkan program bebas karantina akibat naiknya kasus baru, tetapi Negeri Gajah Putih ini berhasil menarik sekitar 350.000 turis asing ke destinasi wisatanya.

BACA JUGA:  Rinjani, Sumber Kehidupan Masyarakat Lombok

“Angkanya memang tidak banyak. Lebih baik daripada tidak ada sama sekali, masih lebih baik daripada harus ada penutupan secara massal. Kebijakan penangguhan itu ada ketika peak season sehingga dampaknya sangat signifikan,” kata Presiden Asosiasi Turisme Koh Samui, Ratchaporn Poolsawadee, dilansir Bloomberg, Selasa (11/1).

Gagalnya kebijakan pembukaan diperkirakan melemahkan proyeksi pertumbuhan ekonomi Thailand yang sangat bergantung pada sektor pariwisata.

BACA JUGA:  Pandangan Putra Mahkota Arab Saudi Tentang Islam

Seperti diketahui, pariwisata menyumbang seperlima dari ekonomi Thailand sebelum pandemi, dengan 40 juta turis asing yang berkontribusi hingga lebih dari US$60 miliar pada 2019.
“Munculnya varian baru dan pengetatan perbatasan, baik di Thailand maupun di negara lainnya, mengancam posisi Thailand sebagai pendulang turis asing untuk menggenjot ekonominya,” kata ekonom Deutsche Bank AG Juliana Lee seperti dilansir Asiatoday. (E/AN-01)

BACA JUGA:  Kasus Covid Melonjak, Ruang ICU di Malaysia Nyaris Penuh