Tinjau Lokasi Banjir, Bang Zul Instruksikan Segera Perbaiki Tanggul Sungai Ranjok Gunungsari

MATARAMRADIO.COM, Lombok Barat – Jebolnya tanggul sungai di Desa Ranjok Gunungsari diyakini sebagai salah satu penyebab utama air bah mengalir ke pemukiman warga Perumahan Bayangkara Residence Ranjok Gunungsari Lombok Barat pada Senin (6/12).

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah yang meninjau lokasi banjir di beberapa wilayah Gunung Sari dan sekitarnya mengungkapkan, selain intensitas curah hujan yang tinggi sejak kemarin, banjir yang terjadi di perumahan Bhayangkara resindence disebabkan karena jebolnya tanggul sungai yang mengarah perumahan setempat. “Akar masalah penyebab banjir sudah ketemu karena tanggul sungai yang jebol,” ungkap Gubernur.

BACA JUGA:  Lagi Gubernur NTB Disuntik Vaksin Covid 19

Untuk itu, Gubernur memerintahkan BPBD, Dinas PUPR dan Dinsos NTB untuk berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten Lombok Barat untuk membangun tanggul yang lebih besar dan tinggi. Karena Informasi dari warga jangankan hujan lebat, hujan biasa saja akan terjadi banjir. Sebab, lokasi komplek perumahan berada di bantaran sungai.

“Mudah-mudahan akan segera diperbaiki. Begitu juga proses evakuasi berjalan lancar dan Alhamdulillah tidak ada korban jiwa,” harapnya seperti dilansir ntbprov.go.id.

BACA JUGA:  Kapolri Kunjungi NTB, Gubernur Dikaitkan Suksesi Nasional 2024?

Gubernur juga sempat meninjau dapur umum yang telah disiapkan pemerintah NTB untuk warga terdampak banjir.

Temui Warga Korban Longsor Batulayar

Usai meninjau lokasi banjir di Ranjok, Gubernur NTB juga meninjau bencana longsor di Batulayar yang menyebabkan 5 korban, diantaranya 4 orang meninggal dunia dan satu orang belum ditemukan.

Dalam meninjau lokasi banjir, gubernur NTB didampingi Danrem 162 Wira Bhakti Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, Kalak BPBD NTB, Kadis Sosial, Kadis PUPR NTB dan sejumlah lembaga relawan masyarakat. (EditorMRC)

BACA JUGA:  Gubernur : Teruslah Bermimpi dan Berkarya