Oksigen Terbatas, OPerasi Medis Skala Prioritas

MATARAMRADIO.COM, Mataram – Masih terbatasnya persediaan oksigen membuat pihak rumah sakit di NTB melakukan tindakan prioritas dalam penggunaannya..

“Kita lakukan skala prioritas, tergantung kondisi pasien,” kata Direktur RSU Propinsi NTB, dr Lalu Herman Mahaputra kepada wartawan,
Menurut dr Jack, panggilan akrabnya pihaknya rumah sakit akan tetap melakukan tindakan operasi medis bila pasien dalam keadaan darurat. Namun bila kondisi pasien masih bisa ditangani tanpa melakukan tindakan operasi, maka hal itu yang harus dilakukan. ” Jika pasien masih bisa ditolong tanpa harus operasi, itu pilihan yang akan diambil,” katanya.
Sementara Kepala Dinas Kesehatan NTB, dr Lalu Hamzi Fikri mengakui untuk menyeimbangkan antara kebutuhan dengan persedian oksigen, pihaknya membuat kebijakan melakukan pembagian oksigen dalam tabung untuk rumah sakit-rumah sakit yang ada di ntb.
Agar penggunaan oksigen terkontrol, Fikri meminta setiap rumah sakit melakukan pengisian daftar pemanfaatan oksigen secara online sehingga bisa dipantau pemanfaatan dan kebutuhan oksigen di rumah sakit. “Daftar ini harus diisi tepat waktu agar dapat menjadi alat kontrol pemanfaatan dan kebututhan oksigen,” katanya. (MRC03)

BACA JUGA:  Gubernur Minta Efisiensi Oksigen