Walikota Mataram: Perencanaan Bukan Hanya Teknokratik, juga Deliberatif  

MATARAMRADIO.COM, Mataram – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RPJMD Kota Mataram 2021-2026 dilaksanakan selama tiga hari, 30 Juni hingga 2 Juli 2021 di Hotel Lombok Plaza, Cakranegara.

Visi Kota Mataram kedepan dalam periode 2021-2026 sebagaimana  dituangkan dalam RPJMD Kota Mataram 2021-2026 adalah terwujudnya Kota Mataram yang “Harmonis, Aman, Ramah, Unggul, dan Mandiri” atau disingkat HARUM. 

BACA JUGA:  Ini Dia Penerima Bansos PPKM Darurat di Mataram


 Musrenbang tersebut dihadiri oleh Walikota Mataram, H.Mohan Roliskana, Wakil Walikota, TGH.Mujiburrahman, Pimpinan DPRD Kota Mataram, Sekda Kota Mataram, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kepala Bappeda NTB, Para Akademisi, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Kota Mataram, dan Camat se-Kota Mataram. Penyelenggaran musrenbang mengikut protokol kesehatan, sehingga jumlah peserta terbatas.  Peserta lainnya termasuk aparat OPD dapat mengikuti musrenbang ini secara “on-line”.     

BACA JUGA:  Pemkot Mataram Kaji Kemungkinan Perpanjangan PPKM Darurat

Ketika Walikota Mataram, H. Mohan Roliskana memberikan sambutan dan sekaligus   membuka musrenbang pada Rabu (30/6) menyatakan bahwa pendekatan dalam perencanaan bukan hanya teknokratik, melainkan juga deliberatif.

Lebih jauh Mohan menyatakan bahwa  perencanaan hendaknya fokus antara lain pada sumberdaya, infrastruktur, pelayanan publik. Disisi lain, dalam perencanaan Mohan juga menekankan pentingnya manajemen kontingensi dalam situasi yang tidak menentu akibat pandemi Covid-19.“Program yang tidak bisa dianggarkan pada tahun tertentu, dianggarkan pada tahun berikutnya”, pungkasnya.(RMC-07)