Galang Dukungan Internasional, Pemimpin Hamas Palestina Surati Presiden Jokowi

MATARAMRADIO.COM – Kelompok perjuangan Palestina Hamas kembali menyurati Presiden Indonesia Joko Widodo terkait dengan meningkatnya aksi penyerangan Israel.

Dalam surat tertanggal 18 Mei 2021 itu, Kepala Biro Politik Hamas Ismail Haniyeh meminta Jokowi segera bertindak dan menggalang dukungan dari negara-negara Arab, Islam dan juga komunitas internasional untuk menyatakan sikap tegas mendesak Israel segera menghentikan aksi teror dan penyerangannya ke wilayah Jalur Gaza.

BACA JUGA:  Gubernur Kecam Serangan Israel ke Palestina

Ismail Haniyeh juga meminta Jokowi menggalang dukungan dan mendesak Israel menghentikan pengusiran terhadap warga Palestina di Yerusalem, diskriminasi rasial serta mencabut keputusan terkait pengambilalihan Sheikh Jarrah.

Hamas juga meminta Presiden Jokowi mendesak Israel menjauhi Masjid al-Aqsa serta menghentikan kekerasan terhadap jemaah yang melaksanakan ibadah di sana.

BACA JUGA:  Gencatan Senjata Tercapai, Indonesia Desak Israel Hentikan Pendudukan Palestina

“Kami meminta Anda untuk segera bertindak,” kata Ismail Haniyeh dalam suratnya, seperti dilansir Anadolu Agency, Kamis (20/5).

Hingga kini pihak Istana yakni Juru Bicara Presiden Indonesia Fajdroel Rachman belum merespons saat dikonfirmasi mengenai surat tersebut.

BACA JUGA:  Gencatan Senjata Tercapai, Indonesia Desak Israel Hentikan Pendudukan Palestina

Setidaknya 217 warga Palestina telah tewas, termasuk 63 anak-anak dan 36 wanita, dan 1.400 lainnya terluka dalam serangan Israel di Jalur Gaza sejak pekan lalu, menurut Kementerian Kesehatan Palestina.

Sementara, 10 warga Israel tewas akibat serangan roket Palestina dari Jalur Gaza. (Editor MRC)

Sumber: era.id