Waspada! 5 Kebiasaan Buruk Percepat Penuaan

Younger and older womans profiles

MATARAMRADIO.COM – Menjadi tua adalah hasil dari perkembangan tubuh yang terjadi seiring berjalannya waktu yang terjadi secara alami,dan tanpa bisa ditolak.

Perubahan fisik yang terjadi seiring bertambahnya usia paling nampak terjadi pada wajah, dimana jaringan kolagen dan elastin pada kulit wajah semakin melemah yang pada akhirnya akan terlihat keriput.

Selain wajah, bagian kulit lainpun akan mengalami hal yang sama mengenai tekstur kulit, seperti leher, tangan dan kaki. Hal tersebut identik dengan penuaan.

Selain bertambahnya usia, ternyata proses penuaan juga dapat terjadi lebih cepat jika melakukan hal-hal yang dapat menyebabkan penuaan dini.

Berikut beberapa hal yang dapat mempercepat proses penuaan.

  1. Merokok

Rokok mengandung berbagai bahan kimia beracun yang dapat menyebabkan berbagai masalah pada kesehatan.

BACA JUGA:  Polsek Lingsar Bagi Sembako

Asap rokok yang telah dihisap dan dikeluarkan oleh perokok sama beracunnya,sehingga hal ini juga dapat mempengaruhi kulit, gigi, mata, dan rambut.

Apalagi jika seorang perokok berat yang menghabiskan banyak rokok dalam seharinya, selain penuaan akan terjadi sangat cepat, resiko terkena berbagai penyakit kronis juga semakin besar.

2. Begadang dan kurang istirahat

Penuaan dapat terjadi pada seseorang yang kekurangan istirahat. Ia akan terlihat lebih tua karena energi yang ada pada tubuhnya tidak mencukupi semua kebutuhan organ dalam menjalani kegiatan sehari-hari.

Selain berdampak pada proses penuaan, kurang istirahat juga akan berdampak pada kesehatan organ penting seperti otak dan jantuung. Bahkan, kurang istirahat juga berdampak pada kesehatan mental.

BACA JUGA:  Empat Plus Enam Seputar Cinta Tanpa Syarat pada Anak

3.Terlalu banyak makan Junk Food

Junk Food mungkin bisa diandalkan karena praktis dan beraneka ragam, tetapi jika dikonsumsi terlalu banyak maka tidak akan berdampak baik kepada kesehatan.

Makanan tersebut tidak diubah sepenuhnya oleh tubuh menjadi energi, sehingga akan mengurangi gairah dan cenderung lebih banyak bersantai.

Alhasil, berat badan meningkat tanpa siklus yang benar dan jarang berolah raga, proses penuaan berjalan tanpa bisa ditolak pada saat itu.

4. Bekerja terlalu ekstrem

Bekerja keras untuk mencapai cita-cita memang tidak ada salahnya, tetapi jangan sampai tenggelam pada kesibukan yang bahkan hingga tidak ada waktu untuk sekedar bersantai bersama keluarga yang pada akhirnya akan membuat seseorang cepat tua.

BACA JUGA:  Anda Flu dan Batuk?

Sebaiknya imbangi rutinitas dengan berolah raga, menjalani hobi, beristirahat, dan bersosialisasi dengan keluarga dan tetangga agar fisik dan mental Anda tetap sehat.

5. Jarang berolahraga

Biasanya seseorang akan berolah raga jika dirinya sadar ketika berat badannya naik, atau merasakan gangguan pada tubuhnya.

Olah raga sebaiknya dilakukan secara teratur agar motabolisme tubuh berjalan lancar.

Metabolisme tubuh yang berjalan lancar membantu menjaga kebugaraan, energi, stamina, bahkan hingga penampilan.

Hal tersebut terjadi karena otot-otot pada tubuh akan tetap sehat dan terjaga dari kerusakan, sehingga proses penuaan tidak terjadi secara cepat. (MRC/BRC)