Tangani Covid, Koordinasi Daerah dan Pusat Perlu Ditingkatkan

MATARAMRADIO.COM, Lombok Tengah – Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Doni Monardo yang juga Ketua Satgas Penanganan Covid-19 meminta koordinasi antara pemerintah daerah dengan pusat terus ditingkatkan dalam upaya penanganan Covid-19 di daerah agar terlihat progresnya.

“Hal-hal yang sudah baik harus kita jaga. Yang belum optimal, perlu dilakukan langkah-langkah integrasi,” ucapnya saat rapat Koordinasi bersama Satuan Tugas Penanganan Covid-19 di Provinsi NTB Jum’at (13/11).
Doni menilai peran aktif masyarakat khususnya tokoh agama dalam mensosialisasikan protokol kesehatan Covid-19 dapat menekan persebaran covid 19. “Kami yakin himbauan dari tokoh agama sangat efektif dan mujarab sehingga ditaati oleh masyarakat,” jelas Doni.
Namun, hal itu tidak bisa dilakukan hanya sekali waktu tapi harus secara rutin. Ia yakin dengan persatuan dan kekompakan masyarakat, pandemi Covid-19 akan mampu diatasi dengan baik. “Ini adalah modal utama bangsa kita. Ini kekuatan bangsa kita, kebersamaan dan gotong royong,” ujarnya.
Sedang Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah mengaku Pemprov NTB bersama Pemerintah Kabupaten/Kota terus melakukan berbagai upaya untuk menekan angka Covid-19 di NTB.
Rohmi menilai partisipasi masyarakat dalam pencehahan covid 19 dapat mengurangi risiko yang lebih parah. “Kedepan, bagaimana orang cepat melaporkan dirinya bila tergejala. Jangan menunggu parah baru lapor ke Dinas Kesehatan. Ini yang terus kita dorong dan edukasi,” katanya. (Humas NTB/MRC)

BACA JUGA:  Waspada, Nikah Usia Muda Anak Bisa Stunting