Terpapar Korona, 5 Pasien RSJ Mutiara Sukma Diisolasi Khusus

MATARAMRADIO.COM, Mataram – Sebanyak 5 pasien Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) pada Rumah Sakit Jiwa Mutiara Sukma Mataram dipastikan terpapar Covid 19 dan kini sedang ditempatkan di ruang isolasi khusus Covid 19 RSJ setempat.

Direktur RSJ mutiara Sukma Mataram, dr Evi Kustini Somawijaya MM menjelaskan, sebelumnya ada 7 pasien ODGJ yang terpapar covid 19. Dua pasien sudah dinyatakan negatif dari Covid 19 dan tengah dirawat di ruang perawatan ODGJ.

BACA JUGA:  Bupati Dompu Pulangkan 23 Warganya Yang Sembuh Covid19

Menurut Evi, penanganan pasien ODGJ yang terpapar Covid 19 sedikit berbeda dengan pasien Covid 19 secara umum karena ada gangguan secara psikologis. “Kami ada dokter spesial ODGJ dan juga dokter spesialis penyakit dalam yang menangangi pasien terpapar Covid 19. Yang kami rawat tentu gejala ringan, kalau yang berat, akan kami rujuk ke RSU Provinsi,”jelasnya.

BACA JUGA:  MotoGP Masuk Calender of Event 2021
Foto: https://rsjmutiarasukma.ntbprov.go.id/

Diungkapkan,  pasien ODGJ  yang terpapar Covid 19 tertular melalui kontak langsung dengan keluarganya yang sebelumnya dinyatakan positif Covid 19. “setelah pasien dibawa ke RSJ terjadi transmisi lokal sehingga beberapa ODGJ lainnya terpapar Covid 19,”tambah Dokter Evi.

Ia juga menyebutkan pasien ODGJ yang terpapar Covir 19 kondisinya semakin baik. Diharapkan setelah perawatan selama 14 hari pasien ODGJ terbebas dari Covid 19 dan tinggal melanjutkan perawatan gangguan jiwanya saja. (MRC-03)

BACA JUGA:  Lapas Kelas IIB Selong Gelar Panen Raya Jagung