Gempa Bumi 6SR Getarkan Lombok dan Sumbawa

MATARAMRADIO.COM, Mataram – Warga Griya Praja Asri (GPA) Jatisela Gunungsari Lombok Barat berhamburan keluar rumah karena adanya gempa bumi dengan kekuatan lumayan besar, Rabu malam (3/6) sekitar Pkl. 23.54 WITA.

Sebut saja Ibu Tizalia yang mengaku membangunkan anak-anaknya berhamburan keluar rumah karena trauma.”Ya lumayan gede getarannya. jendela dan tempat tidur bergoyang” ceritanya.

BACA JUGA:  Pemkot Mataram Kaji Kemungkinan Perpanjangan PPKM Darurat

Berdasarkan penelusuran, rupanya gempa bumi dengan magnitudo 6,0  terjadi di Pulau Saringi, Sumbawa, Nusa Tengga Barat (NTB), Rabu (3/6/2020) malam pukul 22.54 WIB atau 23.54 WITA.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan lokasi gempa bumi tersebut berada di koordinat 7.22 Lintang Selatan (LS) dan 116.96 Bujur Timur (BT).

Pusat gempa berada di laut 132 kilometer barat laut Pulau Saringi dengan kedalaman 664 kilometer.

BACA JUGA:  Imbas Fenomena El Nino dan IOD, BMKG Ingatkan Ancaman Kemarau Kering, Gagal Panen dan Karhutla

Dalam peta Provinsi Nusa Tenggara Barat disebutkan Pulau Saringi masuk wilayah Desa Labuhan Burung, Kecamatan Buer, Kabupaten Sumbawa, NTB.

Dilaporkan, gempa tersebut dirasakan dalam Skala Mercalli III di Mataram dan Lombok Barat hingga Kuta dan Denpasar, Bali. Skala Mercalli III berarti getaran dirasakan nyata dalam rumah. Getaran terasa seakan-akan ada truk melintas.

BACA JUGA:  Amnesty Internasional Keberatan Prabowo Kunker ke Amerika

Sedangkan di Kabupaten Sumbawa Barat pada Skala Mercalli II, artinya getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada laporan adanya kerusakan akibat gempa bumi tersebut. (Editor MRC)Gw