MATARAMRADIO.COM – Kabar duka datang dari industi musik dunia. Rapper kondang Inggris keturunan Nigeria,Ty, telah meninggal dunia karena tertular virus korona, Kamis (7/5).

Kepergian Rapper Inggris Ty, yang dinominasikan untuk hadiah musik bergengsi Mercury, diumumkan secara resmi melalui situs penggalangan dana untuk korban virus korona yang digagas sang rapper dan teman-temannya sesama musisi.

Ucapan belasungkawa datang dari sejumlah musisi termasuk teman dekat almarhum yang punya nama asli Ben Chijioke ini. “Istirahat saudaraku. Kamu melakukan yang baik,” tulis Roots Manuva, yang berkolaborasi dengan rapper, pada akun tweeternya.

Ungkapan senada disampaikan DJ Gilles Peterson melalui akun tweeternya.”Ty adalah bagian besar dalam pengembangan hip hop dan kata yang diucapkan di negara ini. Suara orisinal tanpa omong kosong, selalu tajam, selalu jenaka. Generasi rapper masa kini berutang banyak padanya – pembuka gerbang sejati. RIP,” tweetnya.

Ty merilis album debutnya Awkward pada tahun 2001, yang pertama dari lima. Selanjutnya, Upward, dinominasikan untuk Merkurius pada tahun 2004 bersama Amy Winehouse.

Penyelenggara halaman penggalangan dana Diane Laidlaw mengatakan Ty dirawat di rumah sakit dengan komplikasi terkait dengan COVID-19, dan sempat mengalami koma yang diinduksi secara medis.

Dia terbangun dan tampaknya menjadi lebih baik tetapi minggu lalu tertular radang paru-paru di rumah sakit, dan meninggal pada 7 Mei dalam usia 47 tahun. “Keluarga  mengucapkan terima kasih banyak kepada semua orang yang telah mendukung  dan menyatakan keprihatinan mereka sejak dia dirawat di rumah sakit,” tulis Laidlaw. (MRC-01/AFP)