MATARAMRADIO.COM – Ini bisa jadi sebuah rekor baru yang berhasil dicetak Kapolres Lombok Timur dan jajarannya. Betapa tidak, hanya dalam tempo 14 hari saja, jajaran polisi setempat berhasil menangkap dan menahan tidak kurang dari 75 orang pelaku aksi kejahatan dengan beragam modus yang dilakukan di wilayah hukum Lombok Timur.

Menurut Kapolres Lombok Timur AKBP Tunggul Sinantrio, 75 orang pelaku aksi kejahatan tersebut terdiri dari 60 orang dewasa yang kini ditahan, dan 15 anak-anak wajib lapor. “Mereka ditangkap dari hasil operasi Gatarin yang kita laksanakan sejak 10 hingga 23 Februari,”kata Kapolres dalam konferensi pers yang digelar di Mapolres Lombok Timur, kemarin.

Kapolres Lombok Timur AKBP Tunggul Sinantrio, ketika menggelar jumpa pers tentang hasil operasi Gatarin di Mapolres setempat I Foto : Bambang

Disebutkan, sejumlah barang bukti yang telah diamankan terdiri dari kendaraan roda dua berjumlah 35 unit, 4 unit kendaraan roda empat , 4 buah parang, 4 unit laptop, 4 unit komputer, mesin kapal kecil 8 unit, sebilah pisau,handphone 14 buah, 4 buah kunci leter T, 5 buah senter, 2 unit monitor, 2 unit UPS dan sejumlah uang.

Dalam konferensi pers tersebut, Kapolres Lotim didampingi Waka Polres Kompol Bayu Eko Panduwinoto S.IK, kasat reskrim AKP. I Made Yogi Purusa Utama,SE.S.IK, Kabag Operasi Kompol.Eko Mulyadi dan Kasubag Humas Iptu. Lalu Jaharuddin.

Selain barang bukti, pihak polres juga menggelandang para pelaku untuk diambil fotonya oleh awak media yang meliput.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres mengajak dan mengimbau masyarakat Lombok Timur untuk sama-sama saling membantu terutama kepada instansi terkait, tokoh agama,tokoh masyarakat dan tokoh adat.“Kami akan tetap melaksanakan operasi setiap hari walaupun operasi ini sudah selesai dan akan mengajak warga untuk bahu membahu menumpas dan menangkap pelaku tindak kejahatan di daerah ini,”tegas Kapolres seraya menambahkan pihaknya akan mengadakan kegiatan Subuh Keliling di seluruh Polsek dan melibatkan Babinkamtibmas.

Pihak Polisi, lanjut Kapolres, akan memasang baliho yang berisi foto dan nomor HP Petugas Kamtimbas untuk memudahkan warga melapor bila terjadi aksi kejahatan atau hal-hal yang mencurigakan di tempat tinggalnya atau dimana saja berada.”Silakan hubungi nomor penting tiga pilar kamtibmas yang sudah kita sebarkan tersebut. Dan  jangan lupa untuk keamanan kendaraan bermotor, gunakan selalu pengaman kunci ganda,”tandas Kapolres dan menyampaikan apresiasi kepada anak buahnya bernama Hartawan, yang disebut sangat berani dan heroik menggagalkan serta menangkap pelaku curanmor. (MRC-05)