Stabilkan Harga, Pemkot Mataram Gelar Pasar Murah

MATARAMRADIO.COM, Mataram – Untuk menstabilkan harga kebutuhan bahan pokok, pemerintah kota Mataram dan Bank Indonesia NTB menggelar operasi pasar murah dari tanggal 10 -16 Juni 2022.
Gelaran pasar murah dipusatkan di tiga tempat yakni islamic center pada 10-12 Juni, lapangan Karang Genteng pada 13-14 Juni dan lapangan Karang Pule pada 15-16 Juni 2022.
Kepala Bidang Barang Pokok dan Penting, Dinas Perdagangan Kota Mataram, Sri Wahyunida menjelaskan perubahan cuaca yang terjadi akhir-akhir ini berpengaruh terhadap hasil panen khususnya komoditas agrikultural seperti cabe, bawang merah dan kebutuhan pokok lainnya. Imbasnya, terjadi kenaikan harga.
“Kenaikan harga kebutuhan pokok di kota Mataram bisa mencapai 60 persen,” katanya, Jumat (10/6/22).
Sri wahyunida menjelaskan, caber rawit yang biasa dijual 20 ribu perkilo menjadi 80-90 ribu perkilo. Telur naik menjadi 55 ribu pertray dan bawang merah naik menjadi 40 ribu.
“Di pasar murah ini cabe rawit di jual dengan harga 60 ribu perkilo, telur 45 ribu pertray dan bawang merah di jual dengan harga 32 ribu perkilo,” jelasnya.
Sementara Deputi Kepala Perwakilan BI NTB, Achmad Fauzi menjelaskan gelaran pasar murah sebagai tindak lanjut atas terjadinya inflasi bulan Mei 2022.
Dimana, inflasi bulan Mei sebesar 0,65 persen ( m to m) dan 4,08 persen (year to year). “Angka ini lebih besar dari angka inflasi nasional, secara year to year,” katanya. (MRC03)

BACA JUGA:  Polda NTB Ungkap Perjudian, Prostitusi dan Miras