Bolo Yeung Sze Dijuluki Hercules Cina

MATARAMRADIO.COM – Bagi penggemar film laga Hongkong, namanya tentu tidak asing lagi. Maklum peran antagonis alias tokoh jahat selalu disematkan padanya. Siapa lagi kalau bukan Bolo Yeung Sze.

Dijuluki Hercules China, Bolo lahir 76 tahun silam yakni 1946.

Peran karakter jahatlah yang membuatnya sangat dicintai penggemarnya.

Dalam perjalanan hidupnya, Bolo mulai berlatih bela diri sejak usia 10 tahun di kampung halamannya Kanton dan tertarik juga pada binaraga.

Pada pertengahan 60-an, dia melarikan diri dari China daratan ke Hong Kong. Ia menjadi pelatih dan membuka sekolah binaraganya sendiri.

BACA JUGA:  Nikita Menangis Histeris, DiBebaskan Hakim Dari Kasus Dugaan Pencemaran Nama Baik

Tubuhnya yang kuat, wajahnya yang kasar, dan keterampilan bela dirinya yang jelas dengan cepat menarik perhatian studio besar, terutama Shaw Brothers.

Pada tahun 1970, dia memulai debutnya dengan Shaw Brothers dalam The Wandering Swordsman.

Dan kemudian memenangkan gelar Tuan Hong Kong di turnamen binaraga, yang terus dia pertahankan selama 9 tahun berturut-turut.

Setelah bermain dalam 16 film Shaw Brothers sebagai penjahat, seperti The Heroic Ones (1970), The Deadly Duo (1971), Five Fingers of Death (1972), calon aktor tersebut memutuskan untuk meninggalkan studio.

BACA JUGA:  Inilah 10 Bintang Hollywood Yang Masih Berkarir di Usia Tua

Titik balik karir Bolo adalah bertemu Bruce Lee di Enter the Dragon (1973), dia berperan sebagai Bolo, yang kemudian dia pilih untuk nama panggungnya.

Setelah itu ia memainkan puluhan peran di tahun 70-an dan 80-an hingga film terobosannya Bloodsport (1988), kemudian ia menjadi terkenal di dunia.

Bolo berperan sebagai orang baik dalam 3 film: Shootfighter II (1996), TC 2000 (1993), dan Fearless Tiger (1991).

BACA JUGA:  Pertama di Asia, Gelaran Billboard Indonesia Music Awards 2020

Pada tahun 2006, Yahoo melakukan survei yang menanyakan kepada pengguna siapa aktor terbaik dalam film Kung Fu, dan Bolo menempati posisi kedua tepat setelah Bruce Lee.

Bolo telah tampil di (92) film dan 4 sebagai sutradara seni bela diri.

Bolo saat ini adalah ketua Asosiasi Bisnis Gym Hong Kong, dan Manajer Tim Pasukan Binaragawan internasional Taipei. Dia juga mengadakan kelas master, pengintaian selebritas, dan sesi tanda tangan.

Sejak 2018, Bolo tinggal di California. (EditorMRC)