Badan Sensor India  Cekal Lagu  ‘Ishq thoda thoda dono jagah’ dari Film Fighter! 

Sejumlah film India meraih sukses besar pada tahun 2023 lalu. Sebut saja Jawan, Pathaan, Gadar 2, Animal, Dream Girl 2, Rocky Aur Rani Kii Prem Kahaani dan masih banyak lagi. Dan sekarang, semua mata tertuju pada tahun 2024, dengan film Fighter yang dibintangi Hrithik Roshan, Deepika Padukone, dan Anil Kapoor menjadi film besar pertama tahun ini.  

Film ini disutradarai oleh Siddharth Anand, pasca kesuksesan film War dan Pathaan. Fighter yang rencananya rilis pada 25 Januari bertepatan dengan Hari Jadi India.Drama aksi udara terbesar di India yang disutradarai oleh Siddharth Anand, Fighter, begitu antusias ditunggu para penggemar film India di negeri Sungai Gangga tersebut.

BACA JUGA:  Raih Penghargaan SBMI, Sekda Lotim Paparkan Ini!

 Menyusul diluncurkannya teaser dan lagu Heer Aasmani, Ishq Jaisa Kuch, dan Sher Khul Gaye, film yang dibintangi pasangan baru Hrithik Roshan dan Deepika Padukone ini menambah namanya di dalam daftar lagu favorit. Film  FIGHTER disebut-sebut akan membangkitkan adrenalin dan thriller aksi yang menegangkan dengan mengangkat tema patriotisme para angkatan udara India. 

Salah Satu Lagu OST FIGHTER Dihapus  

Badan Sensor Film India akhirnya mengeluarkan keputusan mengejutkan atas penghapusan satu lagu film FIGHTER berjudul Ishq Thoda Dono Jagah.  Lagu berdurasi 2 menit 38 detik dihapus dari film dan sekarang durasi film menjadi 2 jam 43 menit. Ada laporan bahwa lagu tersebut dihapus karena visualnya yang terlalu ‘eksplisit’ tetapi sumber resmi sebagaimana dilansir MATARAMRADIO.COM dari boxofficeworld.com menyebutkan bahwa lagu tersebut telah dihapus oleh pembuatnya untuk mempersingkat durasi film. 

BACA JUGA:  Lha, Keren Dagang Cilok Ne..

Empat Hal yang Disensor dari Film FIGHTER 

Sesuai daftar sensor yang diterbitkan Badan Pusat Sertifikasi Film (CBFC) India meminta empat modifikasi pada film FIGHTER. Pertama, pesan statis anti-rokok diminta disebutkan dalam bahasa India. Kedua, kata-kata kasar dihapus atau diganti dalam dua dialog, satu berdurasi 53 menit dan satu lagi berdurasi 1 jam 18 menit. Ketiga, ‘visual yang bersifat seksual’ telah dihapus. Visual berdurasi 8 detik ini mungkin digantikan oleh ‘jepretan yang sesuai’.

Terakhir, audio berdurasi 25 detik dalam adegan visual berita TV dihapus dan diganti dengan audio berdurasi 23 detik. Setelah perubahan ini dilakukan, sertifikat U/A diberikan kepada pembuat Fighter pada hari Jumat, 19 Januari. Akibat dari sensor film FIGHTER, maka film yang tadinya berdurasi 166 menit. (2 jam 46 menit) yang kini dikurangi menjadi 2 jam 43 menit.    

BACA JUGA:  Mendagri:Tak Ingin Pilkada Jadi Ajang Persebaran Covid 19

 Jalan Cerita FIGHTER 

Berdasarkan sinopsis resminya, “Fighter akan menceritakan kisah seorang pemuda aspiratif bernama Shamsher Pathania, yang harus mengatasi rintangannya setelah mendaftar di Angkatan Udara India untuk menjadi pahlawan Angkatan Bersenjata India.  Film Fighter diyakini akan membawa penonton pada perjalanan mencekam yang penuh dengan aksi, drama, dan pertunjukan aksi udara yang luar biasa.” Disutradarai oleh Siddharth Anand dan dipersembahkan oleh Viacom18 Studios bekerja sama dengan Marflix Pictures, Fighter melambangkan kecemerlangan sinematik. Film ini dengan mulus memadukan aksi yang menggetarkan hati dan semangat patriotik, menjanjikan pengalaman sinematik yang tak tertandingi.  Persiapkan diri Anda untuk perjalanan epik saat Fighter tayang di bioskop pada 25 Januari 2024, menawarkan tontonan yang mengubah keunggulan sinematografi. (EditorMRC)

>