Sejumlah Pembalap Asal NTB Berjaya di Event Lombok-Sumbawa Motocross 2023

Sekretaris Ikatan Motor Indonesia (IMI) Provinsi NTB Agus Panca, menyebut, pada event ini mempertandingkan 18 kelas balapan kelas grass track (GT) mulai dari 110-125 cc dan 11 kelas Motocross (MX) 125- 450 cc. Dari 142 pembalap tersebut, ujarnya, sebanyak 73 pembalap profesional yang berasal dari kota-kota besar di Indonesia, seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, Sumatera Utara, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Timur.

Pihaknya mengharapkan dari event ini akan lahir pembalap-pembalap nasional, sehingga mampu berbicara di kejuaraan internasional. Bahkan, bisa lolos mengikuti Motocross Grand Prix (MXGP) yang dua serinya digelar di NTB, yakni di Sirkuit Samota, Sumbawa dan Sirkuit Selaparang, Kota Mataram. Sementara 3 pembalap asal NTB akan disiapkan untuk ajang Pekan Olahraga Nasional tahun 2024 yang digelar di Aceh dan Medan.

BACA JUGA:  Selebrasi Argentina Masuk Semifinal Piala Dunia, Heboh!

Selain di tingkat dewasa, ujarnya, pihaknya juga mempertandingkan balapan untuk kelas anak-anak. Panitia mempertandingkan balapan motocross cilik mulai usia 7 hingga 10 tahun pada kelas 50-65 cc. Semua kelas pertandingan, berakhir pada Minggu sore. Bagi para pemenang akan mendapatkan tropi dan uang pembinaan yang variatif sesuai dengan hasil balapan.

Pantauan pada Minggu, 26 November 2023 di Sirkuit Tohpati, selain digunakan sebagai tempat mengadu kecepatan sesuai dengan kelas yang diikuti, juga dijadikan sebagai lokasi pelepasan bagi para komunitas motor untuk menjelajahi objek wisata yang ada di Pulau Lombok. Setelah itu, mereka kembali ke eks Bandara Selaparang Mataram untuk mengikuti sejumlah rangkaian kegiatan yang telah ditetapkan panitia. Kemudian mereka dihibur dengan konser musik yang menghadirkan musisi nasional Wika Salim sambil menikmati makanan khas NTB di lapak-lapak UMKM yang disediakan.

Berikut ini, daftar juara Motocross Lombok-Sumbawa di Sirkuit Tohpati Mataram. Kelas Trail STD 4t 155cc Pro Open, Juara 1 Kadek Ocha (Bali), Juara 2, Lantian Juan (NTB) dan Juara 3 Ananda Rigi Aditiya (Jatim). Kelas MX 2 Novice, Juara 1 Ardi Adot (Jabar), Juara 2 Ony Artawan (Bali) dan Juara 3 Regan Mariq (Sulteng).

BACA JUGA:  Dorna: Sirkuit Mandalika Salah Desain

Di Kelas 65cc Novice, Juara 1 diraih Makram (DKI Jakarta), Juara 2, Bagus Ardika (Bali) dan Juara 3 F. Zaky (Jabar). Kelas MX125cc, Juara 1, Desmont Jhonathan (DKI Jakarta), Juara 2
Egen Xavier (Jabar) dan Juara 3 Koko Indra (Bali). Kelas MX1 & MX2, Juara 1, I Gusti Ngurah Diva Ismayana (Bali), Juara 2, Nakami (NTB), dan Juara 3, Lantian Juan (NTB).

Kelas Trail STD 4T 155cc Pemula Open, Juara 1, Pasya (NTB), Juara 2, Anis Tanjaya (NTB) dan Juara 3, Ebher (NTB). Kelas 85cc, Juara 1, M Raditya (Jatim), Juara 2, Al Jalaluddin Rumi (Yogyakarta) dan Juara 3, Ablo (Bali).

Kelas Minimoto 9-12, Juara 1, Elvin JD (Bali), Juara 2, Linda AKMS (Bali) dan Juara 3, Genta (NTB). Kelas FFA 2T/4T 250cc Pro, Juara 1, Lantian Juan (NTB), Juara 2, Ananda RG (NTB) dan Juara 3, Ony Artawan (Bali). Kelas Minimoto Under 8, Juara 1, I Putu Deyan Bagastian (Bali), Juara 2, Lalu Imam Buchori (NTB) dan Juara 3 M. Rajasya Ataya (NTB)

BACA JUGA:  India Juarai Thomas Cup 2022

Kelas 65cc, Juara 1 diraih Gian M. Gibran (NTB), Juara 2, Fadilah Nafarah (Jatim), Juara 3, Adin Pastrana (Bali). Kelas 55cc, Juara 1, I Gede Kailash Arya Kastara (Bali), Juara 2, Zafran Alfariza Hidayat (Jabar), Juara 3, M. Felix Manorzi (NTB).

Kelas Sport and Trail Trabas, Juara 1, Tomy Firmansyah (NTB), Juara 2, Wahyu Tengok (NTB) dan Juara 3,Wahyu Pratama (NTB). Kelas Bebek MDF 4T 130cc Lokal NTB, Juara 1, Saviola, Juara 2, Ebher dan Juara 3, Ramdian Gian.

Kelas Bebek Standar Pemula, Juara 1, Ony Artawan (Bali), Juara 2, Ebher (NTB) dan Juara 3, Anis Tanjaya (NTB). Kelas Bebek MDF 4T 130cc Pro, Juara 1, Lantian Juan (NTB), Juara 2 Ardi Ardot (Jabar) dan Juara 3, Ony Artawan (Bali). Kelas Trail STD 4T 155ccc Pro Lokal NTB, Juara 1, Pasya, Juara 2, Saviola dan Juara 3, Riyan Martin. (*)

>