Museum Tempat Belajar Sambil Bermain

MATARAMRADIO.COM, Mataram – Rabu, 30 Agustus 2023 menjadi hal menggembirakan bagi siswa SMPN 2 Mataram yang mengikuti ekstrakurikuler Jurnalistik. Usai pulang sekolah sekitar pukul 14.00 WITA, sebanyak 32 siswa tim jurnalistik SMPN 2 Mataram (Spendu) berkunjung ke Museum Nusa Tenggara Barat di jalan Panji Tilar Negara Mataram.

Kedatangan puluhan tim jurnalistik SMPN 2 Mataram disambut pemandu museum, Hubertus Selasa.
“Di museum, siswa dapat belajar sambil bermain,” katanya.

BACA JUGA:  Kuota Pendakian Rinjani Ditambah


Menurut Hubertus, banyak hal yang bisa dipelajari ketika seseorang berkunjung ke museum mulai dari mengenal pola hidup masyarakat nomaden (berpindah-pindah) hingga adat dan kebudayaan yang dianut masyarakat.


Museum Nusa Tenggara Barat juga jelas Hubertus menyimpan peninggalan benda-benda bersejarah dari suku sasak, samawa dan mbojo termasuk benda geologis.


“Di museum juga ada miniatur Gunung Tambora dan Gunung Rinjani. Dimana letusan Gunung Tambora pada 1815 merupakan letusan terdasyat yang mampu mempengaruhi kehidupan manusia hingga daratan Eropa,” katanya.

BACA JUGA:  Budikapedik Beda Kelas, Upaya Tingkatkan Kemampuan Literasi Siswa


Usai mendapat gambaran yang disertai tanya jawab, tim jurnalistik SMPN 2 Mataram (Spendu) diajak keliling oleh para pemandu museum NTB dengan dibagi dalam 3 kelompok.


Selama berkeliling, para siswa mendapat penjelasan dari para pemandu. Mereka pun terlihat asyik berdiskusi tentang berbagai hal yang ada di museum.


“Wah, saya dapat kelompok paling kocak tapi menyenangkan,” tutur seorang pemandu.

BACA JUGA:  PPKM Mikro untuk Masyarakat Tetap Produktif


Kegembiraan pemandu juga dirasakan tim jurnalistik Spendu. “Hebat. Banyak hal yang kita dapatkan di museum,” tutur seorang tim jurnalistik.


Tak lupa, tim jurnalistik Spendu pun berswafoto atau foto bersama dengan pemandu untuk mengabadikan keakraban yang terjalin diantara mereka. (MRC03).