Dekranasda Award Upaya Cintai Tenun

MATARAMRADIO.COM, Mataram – Guna lebih memperkenalkan karya tenun NTB, Dekranasda NTB akan menggelar Lombok Sunbawa Tenun Festival (LSTF) pada 3 Desember 2022 di Mataram yang diikuti oleh pemerintah kabupaten dan pemerintah kota di NTB. Diantara kegiatan LSTF yakni fashion show.

“Selain fashion show juga ada pameran dan gelar busana berbahan tenun,” kata .Ketua Dekranasda NTB, Niken Widyawati Saptarini, Kamis (1/12/22).

BACA JUGA:  Diseruduk Datsun Go, Pengendara Motor Tewas


Dalam gelaran tersebut, jelas Niken akan hadir produsen serta inkubasi desainer (para calon desainer yang sudah mendapat pelatihan desainer) yang akan menampilkan karya tenun mereka.


“Hasil karya mereka bukan hanya untuk dipamerkan tapi bisa diperjualbelikan. Bahkan, karya para inkubasi desainer bisa langsung dipakai dan ikut dalam fashion show,” katanya.


Gelar pameran, fashion show serta beberapa kegiatan lain yang terkait tenun, menurut Niken menjadi upaya pemerintah NTB agar warga NTB terus berkarya dan mencintai tenun yang menjadi warisan leluhur.

BACA JUGA:  15.000 Paket Balasa Siap Sasar Pelaku Pariwisata Terdampak Covid-19 di NTB


Niken berharap, masyarakat NTB mampu menjaga warisan leluhur berupa kerajinan tenun dengan menggunakan kain tenun dalam kegiatan sehari-hari.


Sementara Kepala Dinas Perindustrian NTB, Nuryanti meminta generasi muda tidak hanya bangga memandang tenun sebagai warisan leluhur.
Tapi, generasi muda harus mampu mengaplikasikan karya tenun dalam kegiatan sehari-hari.


Agar generasi muda lebih mencintai tenun, maka edukasi terhadap nilai-nilai tenun dan proses produksi tenun harus terus disosialisasikan kepada generasi muda.

BACA JUGA:  Terpapar Korona, 5 Pasien RSJ Mutiara Sukma Diisolasi Khusus


“Generasi muda harus dilibatkan secara langsung sebagai desainer kain tenun,” katanya.


Menurut Nuryanti, keterlibatan generasi muda dalam pelestarian kain tenun mutlak dibutuhkan.
“Mereka sejiwa dan mengerti apa yang mereka butuhkan,” katanya. (MRC03)