Layani Masyarakat Lebih Cepat, Pemkab Lotim Luncurkan Command Center

MATARAMRADIO.COM, Selong – Pemerintah Kabupaten Lombok Timur meluncurkan Command Center yang dihajatkan untuk merespons layanan masyarakat yang lebih cepat dan efektif.

Peluncuran dilaksanakan pada Kamis (24/2) dihadiri Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Pemerintah Provinsi NTB, Ir H Muhamad Husni, M.Si mewakili Gubernur NTB dalam peluncuran Command Center Pemkab Lotim di kantor Dinas Kominfo dan Persandian komplek gedung Pemkab Lotim. “Untuk mendekatkan pelayanan dibutuhkan inovasi. Pemanfaatan teknologi informasi seperti Command Center diharapkan dapat merespon dinamika masyarakat lebih cepat”, ujar Husni.

BACA JUGA:  Catat! Agenda dan Mata Lomba MTQ XXIX NTB 2022 di Lombok Timur

Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Pemkab Lotim Ahmad Masfu mengungkapkan, peningkatan pelayanan publik dengan digitalisasi ini juga untuk mendukung smart city sebagai daerah penunjang kawasan Mandalika. Diharapkan dengan kehadiran command center, percepatan pembangunan akan terwujud.

Adapun yang telah terbangun adalah data center, jaringan fiber optic antar OPD dan dua kecamatan, kamera CCTV di 12 titik strategis dan dashboard pemantauan lotim.go.

BACA JUGA:  Bau Nyale Tanpa Keramaian Warga

“Konsepnya futuristik dengan akses pemindai wajah, empat desk operator yang mengolah data dan satu layar besar untuk pemantauan realtime CCTV”, jelasnya.

Hal senada dijelakan Juaini Taofik, Sekretaris Daerah Pemkab Lotim yang menyebutkan selain beberapa kendala seperti kapasitas sumberdaya, masih ada beberapa OPD yang belum memiliki data center. “Bukan hanya sarana yang harus dipelihara tapi isi informasi dan data yang dihasilkan command center ini sangat penting untuk dikelola berkelanjutan”, tambah Sekda.

BACA JUGA:  Nonton  Konser Musik D’Legenda, Ini Pesan Gubernur

Sedangkan Kepala Dinas Kominfotik NTB, Dr Najamudin Amy mengatakan, command center adalah upaya mendekatkan pelayanan masyarakat melalui perubahan mendasar cara penyampaian informasi dengan teknologi sesuai zaman. “Mari semua mengabarkan berita baik dan program baik yang sudah dan sedang dilakukan dengan inovasi pelayanan terus menerus”, ucapnya seperti dilansir MATARAMRADIO.COM dari ntbprov.go.id. (EditorMRC)