Kata Ahli: Omicron Jadi Tanda Awal Berakhirnya Pandemi Covid-19

MATARAMRADIO.COM –  Ahli Biologi, Profesor Eran Segal, mengatakan virus Corona varian Omicron menjadi tanda awal berakhirnya pandemi Covid-19.

“Itu benar-benar pertanyaan besar yang kita semua ingin jawabannya. Itu bisa dinilai ya, dan harapannya ya,”ujar Segal menjawab pertanyaan wartawan awal pekan ini (24/1).

Varian Omicron, yang menurut penelitian umumnya mengarah pada infeksi yang lebih ringan daripada varian Delta telah meningkatkan harapan yang telah lama ditunggu-tunggu.

BACA JUGA:  Mahasiswa, Garda Terdepan Edukasi Kesehatan Masyarakat


Hal ini menunjukkan bahwa Covid-19 mulai beralih dari pandemi ke penyakit endemik yang lebih mudah dikelola seperti flu musiman.
“Tetapi kami telah belajar berulang kali, dalam dua tahun terakhir, bahwa virus ini dapat menyesatkan dan mengejutkan. Tetapi semakin banyak waktu berlalu, semakin baik alat kami untuk melawannya,” katanya.

“Kami memiliki obat-obatan sekarang. Kami memiliki vaksinnya. Akan ada kekebalan alami mungkin lebih dari setengah populasi di Israel dan negara-negara lain. Semua hal itu diharapkan akan membantu mengakhiri virus corona, setidaknya sebagai pandemi yang kita ketahui dalam dua tahun terakhir,” tambah Segal.

BACA JUGA:  6 Oktober Hari Cerebral Palsy Sedunia : Kenali Apa itu Cerebral Palsy

Statistik Kementerian Kesehatan yang dirilis pada awal pekan ini menunjukkan 83.663 infeksi baru yang tercatat sehari sebelumnya.


Catatan ini memecahkan rekor kasus harian sebelumnya yang ditetapkan pada Kamis, yang mendekati 75.000. 
Dengan lebih dari 437.000 PCR dan tes antigen dilakukan pada hari Minggu, tingkat positif mencapai 22,21 persen. (EditorMRC)