Ramaikan MotoGP Mandalika, Ratusan Pengusaha NTB Akan Difasilitasi Jualan Produk

MATARAMRADIO.COM, Mataram – Ajang MotoGP Mandalika 2022 ternyata menjadi magnet tersendiri bagi banyak pihak. Mulai biro perjalanan wisata, jasa akomodasi hingga usaha kuliner dan cinderamata.

Menurut Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi NTB, Ahmad Mashuri, mengacu pada penyelenggaraan WSBK 2021 lalu, ada sekitar 330 Pengusaha kecil dan menengah di NTB yang mendapat kesempatan menjajakan produk mereka pada ajang WSBK tersebut. Bisa jadi jumlahnya akan bertambah pada ajang MotoGP. Mengingat jumlah Pengusaha UMKM di NTB hingga September 2021 lalu sebanyak 103.284 UMKM.
Data ini akan bertambah bila masuk laporan update dari Kabupaten/kota se-NTB.

BACA JUGA:  Gelaran WSBK 2022 Diusulkan  Kental Nuansa NTB

Mashur mengungkapkan, pada ajang MotoGP, UMKM telah dibagi di beberapa titik lokasi yakno di ITDC 5 titik, parkir Barat 1 titik, dan 3 titik Sirkuit.”Sebanyak 70-80 persen adalah UMKM yang bergerak pada sektor kuliner. Sedangkan 20-30 persen UMKM lainnnya,”ujarnya.

Rencana penyebaran spot UMKM, langsung bersama BUMD dan BUMN yang mensponsorinya, berada di 12 titik dengan melibatkan 1. 023 UMKM.

BACA JUGA:  KPKNL Mataram Segera Lelang Barang Pembalap Moto GP

“Misalnya di parkir Timur, ada 30 UMKM food n drink, disponsori PT. Aman Mineral, BRI dan PNM, yang menfasilitasi tenda ber AC, meja, kursi, flooring dan instalasi listrik,”terang Kadiskop NTB seperti dilansir MATARAMRADIO.COM dari ntbprov.go.id. (EditorMRC)