Sirkuit Mandalika Lombok Dilirik Jadi Tuan Rumah Formula 1

MATARAMRADIO.COM, Mataram – Sukses penyelengaraan kejuaraan balap motor dunia IATC dan WSBK, kini Sirkuit Pertamina Mandalika Lombok juga digadang-gadang jadi tuan rumah ajang balap mobil dunia Formula 1 atau F1.

Kabar ini dilontarkan Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah yang menyebutkan pihaknya sedang bersiap-siap melakukan pembicaraan serius dengan operator ajang balap mobil Formula 1.“Rencananya kami akan ke Abu Dhabi untuk menindaklanjuti pembicaraan kemungkinan Mandalika akan menjadi host untuk F1, ini akan sangat menarik, selain itu kita juga akan menjadi tuan rumah untuk MXGP,” ungkap Gubernur seperti dikutip dari ntbprov.go.id, kemarin.

BACA JUGA:  Taklukkan China di Final, Indonesia Juarai Piala Thomas

Bila rencana ini terwujud, maka akan ada tiga kejuaraan dunia bergengsi siap digeber di Sirkuit Mandalika Lombok yakni MotoGP, MXGP dan Formula 1.

Gubernur berharap dengan adanya gelaran – gelaran internasional yang akan berlangsung di Provinsi NTB dapat terus menumbuhkan perekonomian masyarakat.

“Jangan sampai yang berjualan orang Malaysia atau Singapura, tetapi harus para UMKM kita bisa siap juga, masyarakat lokal juga ekonominya semakin menggeliat,” harapnya.

BACA JUGA:  Presiden Jokowi Bangga Dengan Perjuangan Timnas Indonesia Lawan Thailand

Disebutkan, Pemprov NTB saat ini tengah mempersiapkan diri menyambut perhelatan akbar MotoGP pada bulan Maret 2022. Diperkirakan MotoGP akan 10 kali lipat lebih ramai daripada WSBK 2021 baru-baru ini.“Perkiraannya Motogp akan sepuluh kali lebih besarnya dan sekitar 200 Ribu orang akan datang menyaksikan MotoGP, Semoga dengan waktu tiga bulan ini kita bisa maksimal mempersiapkan ” jelas Bang Zul

Bang Zul juga mengatakan bahwa saat rapat terbatas dengan Presiden dan Menteri – menteri di Bogor beberapa waktu lalu, gelaran Superbike telah mampu menyedot perhatian dunia. Oleh karena itu bukan saja sirkuit yang akan terus dipermak, namun fasilitas penunjang juga akan diperhatikan oleh pemerintah pusat.

BACA JUGA:  PSG Incar Muhamad Salah Gantikan Mbappe?

“Para pengunjung sudah melihat bahwa sirkuit mandalika sangat indah, kalau disempurnakan bukan menjadi mustahil, ini akan menjadi ikon yang mengantarkan kita untuk dikenal dunia secara lebih luas apalagi kalau pelaksanaan MotoGP sukses,”imbuhnya. (EditorMRC)