Dana Desa untuk Pembangunan Berkelanjutan

MATARAMRADIO.COM, Mataram – Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalillah mengingatkan dana desa tidak hanya untuk pembangunan fisik namun juga pembangunan berkelanjutan fokus pada tujuan dan program bersama.

“Pembangunan desa seharusnya selaras dan bersinergi dengan program pemerintah daerah dan provinsi, ” jelas Wagub saat rapat koordinasi evaluasi Dana Desa 2021 di Mataram, Senin (29/11/21).
Dijelaskan, persoalan pendidikan, kesehatan, lingkungan serta sosial ekonomi yang wujudnya pelayanan posyandu keluarga, bank sampah, desa tangguh bencana dan lain lain akan tertangani dengan baik jika dikelola oleh desa dengan anggaran yang cukup.
“Kami berharap semua desa di NTB menjadi desa mandiri dan berkontribusi membangun NTB dengan menyelesaikan masalah lebih dini di desa,” jelasnya.
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DPMPD Dukcapil) NTB, H Ashari menjelaskan secara umum progres penggunaan dana desa 2021 sebesar Rp 1 triliun 247 miliar lebih untuk 1005 desa sudah dicairkan. “Tinggal tahap ketiga sedang dalam proses untuk 724 desa,” katanya. (Diskominfotik/MRC)

BACA JUGA:  Tak Puas dengan Capaian yang Ada, Ipda Provinsi NTB Terus Berupaya Tuntaskan Temuan