Wamen Parekraf : Naik, Pasar Pariwisata Domestik

MATARAMRADIO.COM, Lombok Barat – Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf), Angela Tanoesoedibyo mengatakan pasca pandemi terjadi perubahan tren pasar pariwisata. Kini, pariwisata menyasar pasar domestik.

Dikatakan, kontribusi pasar domestik pada 2019 sebesar 307 triliun dengan pergerakan 280 juta wisatawan.
Menurut Wamen, digitalisasi juga mengakselerasi kebangkitan pariwisata dengan promosi dan pengembangan produk produk UMKM.
Senada Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik NTB, Najamudin Amy menyatakan Industrialisasi, Desa Wisata dan Digitalisasi adalah tiga strategi pemerintah provinsi Nusa Tenggara Barat dalam memulihkan ekonomi pasca pandemi Covid 19 dan gempa 2018.
“Sejak 2019, Pemprov NTB menyiapkan 99 Desa Wisata untuk digali potensi desanya,” katanya di Senggigi, Jumat (29/10/21).
Dijelaskan, informasi tentang desa desa wisata di media sosial turut membangun optimisme menggeliatnya ekonomi masyarakat dengan wisatawan domestik.
Menurut Najam, digitalisasi turut mendukung program Desa Wisata dan Industrialisasi terutama dalam menciptakan branding. (Diskominfotik/MRC)

BACA JUGA:  Budaya dan Pariwisata