Pemkot Mataram Siapkan Dua RPH

MATARAMRADIO.COM, Mataram – Pemerintah Kota Mataram menyiapkan dua Rumah Potong Hewan (RPH) sebagai tempat penyembelihan hewan qurban.

“Kami siapkan RPH Majeluk dan Gubuk Mamben sebagai tempat penyembelihan hewan qurban,” jelas Kepala UPT RPH Majeluk, dr Vidia Fibriyanti kepada Mataramradio.com, Selasa (20/7)2).
Dijelaskan, bagi masyarakat yang ingin menyembelih hewan qurbannya, bisa langsung datang ke RPH terdekat. “Silahkan langsung datang ke RPH dan koordinasi dengan petugas,” katanya.
Menurut Vidia, dalam penyembelihan hewan qurban, pemerintah Kota Mataram memberikan kelonggaran, apakah masyarakat membawa tukang potong sendiri atau bekerjasama dengan jagal yang selama ini bekerja di Rumah Potong Hewan. “Kalau mau memanfaatkan jasa jagal di RPH, bisa langsung berhubungan dengan para jagal untuk jasa pemotongannya,” katanya
Berdasarkan kebiasaan, jelas Vidia biaya untuk jasa para jagal di kisaran 500 hingga 700 ribu rupiah per hewan qurban sapi
Sedang pemerintah Kota Mataram, kata Vidia tidak menetapkan retribusi untuk pemotongan hewan qurban di Rumah Potong hewan. “Tak ada retribusi untuk RPH,” jelasnya.
Seorang warga Kota Mataram yang menyembelih hewan qurban di RPH Majeluk, H Yosep mengaku memilih RPH karena sebelum hewan qurban disembelih diperiksa dulu kesehatannya, bila layak maka dilakukan penyembelihan. Selain itu, dari sisi kebersihan tempatnya memadai dan bersih. “Kita nyaman dan aman menyembelih hewan qurban disini (RPH Majeluk-red),” katanya. (MRC03)