200 Siswa SMPN 2 Mataram Ikuti UKBI Adaptif

MATARAMRADIO.COM, Mataram – Sebanyak 200 siswa SMPN 2 Mataram mengikuti Uji Kompetensi Bahasa Indonesia (UKBI) adaptif yang digelar Kantor Bahasa NTB. Dengan mengikuti UKBI, diharapkan siswa mampu berbahasa Indonesia yang baik dan benar.

Guru Bahasa Indonesia SMPN 2 Mataram, Sahra mengaku bangga siswanya dilibatkan dalam UKBI. “Salut dan bangga. Semoga ini bisa menjadi pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan siswa berbahasa Indonesia,” jelasnya kepada Mataramradio.com, Rabu (19/5/21).
Dijelaskan, siswa yang mengikuti UKBI adalah siswa kelas delapan. Dimana, UKBI digelar dalam tiga tahap yakni tanggal 6, 17 dan 19 Mei 2021.
Sahra berharap, pelaksanaan UKBI tidak kali ini saja. Pasalnya, dengan UKBI, guru dapat melihat kemampuan siswa dalam berbahasa Indonesia. “UKBI dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berbahasa Indonesia,” jelasnya.
Peserta UKBI dari SMPN 2 Mataram, Desinta Pritama Natha Yudha mengaku senang mengikuti UKBI karena bisa mengetahui dengan tepat mana penggunaan kata yang sesuai tatanan bahasa indonesia yang baik dan benar. “UKBI menambah pengetahuan dalam penguasaan bahasa indonesia,” katanya.
Koordinator UKBI adaptif Kantor Bahasa NTB, Zam Zam Hariro menegaskan UKBI adaptif sebagai upaya mengetahui kemampuan siswa dalam berbahasa Indonesia yang baik dan benar.
Untuk menunjang kemampuan siswa dalam berbahasa Indonesia, jelas Zam Zam guru bahasa Indonesia di sekolah hendaknya tidak lagi menekankan pembelajaran definisi atau linguistik tapi lebih kepada aplikasinya. “Guru harus membuka diri. Jadikan, kegiatan belajar mengajar di sekolah menjadi media pembelajaran bersama,” katanya. (MRC03).