Pemkab Lotim Toreh Tiga Prestasi di Musim Pandemi Covid-19

MATARAMRADIO.COM, Selong- Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur Drs HM Juaini Taofik MAP membeberkan sejumlah keberhasilan pembangunan Kabupaten Lombok Timur di tengah Pandemi Covid 19 yang belum jelas kapan berakhir. Adapun prestasi tersebut meliputi pertumbuhan ekonomi, pembangunan Sumberdaya Manusia dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau SDGs.

Sekda yang akrab dipanggil Kak Ofik ini memaparkan prestasi pertama dalam bidang pertumbuhan ekonomi. Meskipun pertumbuhan ekonomi Lombok Timur pada tahun 2020 mencapai minus (-3,10 persen) tetapi  capaian ini merupakan pertumbuhan ekonomi terbaik dari 10 kabupaten/kota di NTB. “Sektor lapangan usaha yang memberikan kontribusi terbesar terhadap pertumbuhan ekonomi Lombok Timur yakni sektor pertanian kontribusinya sebesar 27,89 persen,” jelasnya kepada MATARAMRADIO.COM, Senin (3/5)

Rakor Bupati Lombok Timur dan Sekda bersama pimpinan OPD membahas berbagai strategi kebijakan membangun Lombok Timur./foto: google image

     Prestasi kedua, ungkap Sekda yakni pembangunan manusia yang diukur dengan sebuah indeks yang dikenal dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). IPM Lombok Timur mengalami kenaikan dari 66,23 pada tahun 2019 menjadi 66,30 pada tahun 2020. “Kenaikan ini menempatkan IPM Lombok Timur pada tahun 2020 berada pada peringkat ke-8 dari 10 kabupaten/kota di NTB sebelumnya pada tahun 2019 berada pada peringkat ke-9,” bebernya.

BACA JUGA:  Pengunaan Tanah Pecatu Sebagai Lapangan, Kades di Lotim Menolak

    Prestasi  ketiga, sebut Sekda adalah tujuan pertama dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan “Sustainable Development Goals (SDGs)” adalah menurunkan kemiskinan. Angka kemiskinan Lombok Timur mengalami penurunan dari 16,15 persen pada tahun  2019 menjadi 15,24 persen pada tahun 2020. “Penurunan angka kemiskinan 2019/2020 tersebut mencapai 0,91 persen poin dan merupakan penurunan tertinggi dalam sepuluh tahun terakhir sejak tahun 2010,”pungkas Kak Ofik yang juga Ketua Satgas Covid 19 Lombok Timur ini. (MRC-07)

BACA JUGA:  Drs. H.M. Juaini Taofik,M.AP: IDM Lombok Timur 2022 Naik Signifikan       

foto utama: google image