Wagub Minta Alkes tidak Disalahgunakan

MATARAMRADIO.COM, Mataram – Wakil Gubernur NTB, Sitti Rohmi Djalilah berharap bantuan alat-alat kesehatan (Alkes) dari Kementerian Kesehatan dapat dimanfatakan secara maksimal dalam menunjang kesehatan masyarakat terlebih saat Covid-19.

“Jangan disalahgunakan untuk hal-hal yang tidak semestinya,” ucap Wagub saat penyerahan alat kesehatan berupa Chember (Hiperbarik) dan Ventilator di Mataram, Senin (5/4/21).
Kepala Dinas Kesehatan NTB dr. HL. Hamzi Fikri menjelaskan alat kesehatan berupa chamber (hiperbarik) merupakan bantuan Kementerian Kesehatan melalui UPT Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Mataram bagi Pemprov NTB untuk diserahkan kepada Rumah Sakit Provinsi NTB, Rumah Sakit Gerung dan Rumah Sakit Air Awet Muda, Narmada, Lombok Barat.
Chamber dimanfaatkan untuk terapi pengobatan penyakit dekompresi yang dialami para penyelam bawah laut. Namun, terapi hiperbarik juga dipakai untuk mengatasi berbagai penyakit.
Sedangkan Pemprov NTB memberikan bantuan alat kesehatan berupa GeNose yang bisa mendeteksi Covid-19 hanya 10 detik. GeNose diserahkan kepada KKP Mataram untuk diteruskan kepada Pelabuhan Laut dan Bandara. “Kita gunakan GeNose untuk deteksi cepat Covid-19, apalagi NTB merupakan asal pengiriman Pekerja Migran Indonesia (PMI) dan banyaknya jamaah umroh,” kata Hamzi Fikri. (her@diskominfotik/MRC)

BACA JUGA:  Lancar, Distribusi Bantuan Banjir Bima