NASA: Selain Bumi, 2.200 Planet Dinyatakan Layak Huni

MATARAMRADIO.COM – Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) milik NASA melaporkan bahwa mereka telah menemukan ribuan planet yang potensial dihuni manusia.

Dikutip dari JPPN Network menyebutkan, penemuan itu hasil penjelajahan pesawat luar angkasa milik NASA sejak menjalankan misinya sejak 2018.

Total ada 2.200 planet yang dinyatakan layak huni.

Ratusan planet di antaranya merupakan planet berukuran kecil, dan beberapa yang lain termasuk planet berbatu yang lebih mirip Bumi.

Temuan itu melebihi perkiraan, awalnya TESS diberi tugas untuk menemukan 1.600 planet dalam dua tahun pertamanya. Beberapa penemuannya ada yang tidak biasa.

Salah satunya adalah planet berbatu TOI-700 d yang berjarak 100 tahun cahaya, lalu ada LHS 3844 b yang dijuluki Bumi super panas dengan orbit 11 jam yang sangat dekat.

Selain itu, ada pula TOI 1690 b yang merupakan korban langka dari bintang raksasa merah yang menelan planet di orbitnya, dan 7TOI 849 b.

Sejauh ini hanya 120 planet yang telah dikonfirmasi, dan NASA bertaruh perangkat masa depan seperti James Webb Space Telescope akan mempelajari calon planet secara lebih perinci.

Meski begitu, volume planet yang besar telah menunjukkan banyak hal tentang keragamannya. (EditorMRC)