6 Kementerian Buka Lowongan CPNS 2021 Untuk Lulusan SMA, Siap-siap!

MATARAMRADIO.COM,Jakarta – Sebanyak enam kementerian membuka lowongan untuk lulusan SMA/SMK sederajat dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2021 yang akan diselenggarakan pada April mendatang.

Gelaran CPNS 2021 menjadi agenda prioritas kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara atau Kemenpan RB di tahun ini, seperti diungkapkan oleh Menpan RB, Tjahjo Kumolo beberapa waktu lalu.

Tidak hanya tersedia bagi sarjana lulusan perguruan tinggi, lulusan SMA/SMK sederajat juga bisa mendaftar ke beberapa kementerian yang menerima pendaftar dari lulusan SMA/SMK sederajat.

Beberapa kementerian yang menerima lulusan SMA/SMK dalam seleksi CPNS 2021 tersebut diantaranya:

  1. kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham)
  2. Kejaksaan Agung
  3. kementerian Ligkungan Hidup (LHK)
  4. kementerian Pertanian (Kementan)
  5. kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)
  6. Badan Intelijen Negara (BIN)

Seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) dari lulusan SMA/SMK sederajat yang memenuhi kualifikasi dalam seleksi CPNS 2021 bisa mendaftar ke enam kementerian di atas.

Bagi para pendaftar yang berminat untuk mengikuti seleksi CPNS 2021 di salah satu dari enam kementerian diatas, harap perhatikan kualifikasi yang disyaratkan dalam kementerian tersebut agar peluang lolos dalam seleksi semakin besar.

Selain itu, harap segera lengkapi dokumen pribadi yang menjadi persyaratan yang harus dilampirkan pada saat mendaftar, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), ijazah terakhir, transkrip nilai, pasfoto, resume, dokumen spesifik lain sesuai persyaratan kementerian dan sertifikat prestasi (jika ada).

Setelah semua dokumen terebut disiapkan, selanjutnya Anda perlu membuat salinan dokumen tersebut ke dalam bentuk file lunak dengan men-scannya menjadi format pdf dan jpg.

Secara umum dokumen yang akan diperlukan pada saat mendaftar diantaranya:

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) dalam bentuk .jpeg/jpg, maks 200kb
  2. Ijazah dalam bentuk .pdf, maks 700 kb
  3. Transkrip Nilai dalam bentuk .pdf, maks 500 kb
  4. Pasfoto dalam bentuk .jpg/jpeg, maks 200 kb
  5. Resume dalam bentuk .pdf, maks 300 kb
  6. Dokumen lain sesuai persyaratan kementerian (jika ada)

Setelah dokumen-dokumen tersebut disiapkan, Anda bisa mengunjungi laman sscn.bkn.go.id. untuk mendaftar secara online ke salah satu kementerian tersebut. (EditorMRC/BR)