Siap-siap! 15 Hari Lagi, SBMPTN Dibuka

MATARAMRADIO.COM – Ini kabar penting bagi siswa-siswi SMA sederajat yang ingin kuliah. Pasalnya, seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur SBMPTN segera dibuka.

Lembaga Tes Masuk Peguruan Tinggi (LTMPT) telah menetapkan jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021, dengan dasar penilaian Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Pendaftaran SBMPTN 2021 dilakukan pada (15 Maret) – (1 April) 2021. Sementara itu, hasil seleksi jalur SBMPTN akan diumumkan pada Senin, 14 Juni 2021, pukul 15.00 WIB.

BACA JUGA:  Menag Soal Tiga Hal

Dalam pelaksanaan SBMPTN 2021, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi peserta.

Berikut merupakan persyaratan peserta SBMPTN 2021 sebagaimana dikutip jaringan beritaradio.com :

  1. siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2019, 2020 dan harus sudah memiliki ijazah. Bagi lulusan SMA sederajat dari luar negeri harus memiliki ijazah yang sudah disetarakan;
  2. Mengikuti dan memiliki Nilai UTBK 2021;
  3. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi;
  4. Bagi peserta yang memilih program studi bidang Seni dan Olahraga wajib mengunggah portofolio;
BACA JUGA:  Manjakan Penonton MotoGP Mandalika, Pemerintah Siapkan 278 Angkutan Gratis

Namun, untuk pilihan program studi, setiap siswa diperbolehkan memilih dua program studi pada satu PTN atau masing-masing satu prodi pada dua PTN berbeda.

Berikut tahapan pendaftaran SBMPTN 2021:

  1. Pendaftaran melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id;
  2. Mengisi biodata kecuali bagi yang sudah menjadi peserta SNMPTN 2021;
  3. Pilihan PTN dan program studi: memilih paling banyak dua prodi dalam satu PTN atau masing-masing dua prodi dalam dua PTN;
  4. Mengunggah dokumen sesuai dengan persyaratan termasuk portofolio bagi pendaftar yang memilih Program Studi Bidang Seni dan Olahraga;
  5. Pengumuman kelulusan hasil SBMPTN
BACA JUGA:  Inspirasi Para Alumni Awardee Beasiswa NTB

Untuk diketahui, bagi siswa yang telah dinyatakan lulus SNMPTN 2021, 2020, atau 2019 akan ditolak untuk mendaftar SBMPTN 2021. Demikianlah informasi mengenai SBMPTN 2021 yang telah ditetapkan LTMPT. (EditorMRC/BR)