Kuripan, Desa Digital Pertama di Lombok Barat

MATARAMRADIO.COM, Lombok Barat – Bupati Lombok Barat, H Fauzan Khalid menegaskan agar tidak tertinggal dari daerah lain dalam pembangunan, pemanfaatan teknologi menjadi hal yang harus dilakukan. Karenanya, digitalisasi data desa oleh Desa Kuripan kecamatan Kuripan menjadi sesuatu yang patut di contoh oleh desa lainnya.

“Desa Kuripan menjadi pelopor desa digital,” jelasnya saat melaunching digitalisasi data desa, Minggu (27/12).
Sebagai bentuk atensi atas kepeloporannya, jelas bupati Pemkab Lombok Barat akan mensuport laju pembangunan di Desa Kuripan. “Kita suport pembangunan di Desa Kuripan,” tegasnya.
Selain itu, untuk memajukan pembangunan desa di Kabupaten Lombok Barat, jelas Bupati pihaknya dalam waktu dekat akan melakukan MoU kerjasama dengam salah satu perusahaan telekomunikasi. “Januari 2021, kita lakukan penandatangan MoU,” jelasnya.
Sementara Kepala Desa Kuripan, Hasbi menegaskan digitalisasi sebagai upaya pemerintah Desa Kuripan memudahkan dalam pelayanan kepada masyarakat. Apalagi, saat ini pandemi covid 19 menjadi masalah tersendiri dalam pelayanan publik. “Digitalisasi menjadi solusi pelayanan kepada masyarakat,” jelasnya.
Menurut Hasbi, hampir semua pelayanan kepada masyarakat bisa dilakukan lewat digital, mulai dari SKTM, Keterangan domisili hingga surat pengantar pembuatan KTP. “Hanya, surat pengantar menikah dan jual beli tanah harus dilakukan secara manual. Takut disalahgunakan,” katanya. (MRC03)
.

BACA JUGA:  Truck Seruduk Mobil Penjual Buah