MATARAMRADIO.COM, Mataram – Bayi umur 0 hingga 6 bulan membutuhkan ASI untuk memenuhi kebutuhan gizi. Namun hal itu perlu dukungan suami “Seorang ayah bisa menyemangati istri serta memberikan support untuk mengurangi stres pasca istri melahirkan,” ungkap Ketua PKK NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati saat webinar Ayah ASI di Mataram, , Selasa (29).

Peran ayah, jelas Niken, sangat besar pasca istri melahirkan. Tak hanya memberikan nafkah tapi membantu pekerjaan istri. Terlebih, di masa pandemi, seorang ayah harus menjadi garda terdepan dalam menjaga kesehatan bayi. “ Peran ayah sangat penting dalam menyediakan lingkungan yang kondusif bagi ibu dan bayi,” jelas Niken.
Perwakilan UNICEF NTB-NTT, Yudhistira Yewangoe mengatakan, peran ayah cukup strategis pasca istri melahirkan. “Harus ada pembagian tugas. Tidak bisa semuanya dibebankan kepada istri,” ungkapnya.
Saat bayi mulai berkembang, peran ayah diuji. Ayah harus mampu membagi waktu, antara pekerjaan, mengurus istri hingga merawat dan mengajak anak untuk bermain. “Peran ayah sangat penting dalam membentuk kesehatan mental anak,” jelasnya. (Humas NTB/MRC)