Sekda: Pers Menikmati Kebebasan

MATARAMRADIO.COM, Mataram – Sekda NTB, Dr.H.Lalu Gita Ariadi menegaskan saat ini pers sudah maju dan berkembang bila dibandingkan dengan era sebelumnya. “Sekarang pers menikmati kebebasan, leluasa menjalankan fungsinya sebagai pilar pembangunan demokrasi,” ungkapnya saat berbicara pada Webinar “Reviuw Hambatan-hambatan Kebebasan Pers Dalam Demokrasi Indonesia”, Rabu (9/9).

Gita menyebut kemajuan pers di NTB tak lepas dari peran pemerintah daerah yang mendukung pers agar lebih kompeten dan profesional.
“Pemerintah NTB tak hanya mendukung peningkatan profesionalisme awak media tapi juga ruang kemitraan bagi pers,” jelasnya.
Gita mengakui, dibalik kebebasan pers masih ada hambatan yang menjadi “PR” bersama untuk dibenahi. Misalnya pertumbuhan jumlah media dan jurnalis yang begitu pesat belum diiringi peningkatan kompetensi wartawan.”Kondisi ini berpengaruh pada kualitas informasi yang disajikan,” jelasnya.
Direktur Politik dan Komunikasi Kementerian Bappenas, Drs. Wariki Sutikno MCP menjelaskan, kebebasan pers merupakan salah satu aspek yang ada dalam demokrasi. s.
“Kualitas kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernega akan lebih baik, diplomasi internasional akan lebih disegani dan efektif, jika kualitas demokrasi bagus dan bisa dipasarkan untuk mendatangkan devisa,” jelasnya.(Edit0r MRC)

BACA JUGA:  Dipulangkan Selamat, 42 Warga NTB Korban Perang Sudan