MATARAMRADIO.COM, Mataram —Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Mataram kembali melaksanakan kegiatan bakti sosial dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-74. Bakti sosial dengan membagikan masker, hand sanitizer dan vitamin kepada masyarakat pengguna jalan.

Kegiatan dilaksanakan didua tempat yakni di Simpang Bank Indonesia (BI) Jalan Udayana. Lokasi kedua di Simpang Empat Pos Buaya di depan Kantor Wali Kota Mataram. ‘’ Kegiatan bagi masker, hand sanitizer dan vitamin ini dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-74,’’ ungkap Wakasat Lantas Mataram, Iptu I Gede Sukarta, SH di Mataram, Selasa (30/06).
Puluhan petugas diturunkan dalam kegiatan ini. Selain itu, kegiatan juga melibatkan petugas dari TNI. Jalannya kegiatan berlangsung lancar, masker dibagikan kepada pengendara jalan yang kedapatan tidak menggunakan masker. Walaupun saat ini, tatanan baru kehidupan atau new normal tengah disiapkan pemerintah. Bukan berarti warga masyarakat mengendorkan protokol kesehatan begitu saja. Masker harus tetap digunakan oleh masyarakat. ‘’ Masker ini kan harus tetap digunakan. Apalagi ketika berkendara dijalan raya,’’ bebernya.
Hand sanitizer juga diberikan petugas kepada pengendara. Tujuannya untuk menjaga tubuh tetap steril. Karena menggunakan hand sanitizer bisa menghilangkan virus yang melekat. ‘’ Itu juga kan untuk menjalankan protokol kesehatan. Penggunaan hand sanitizer salah satunya,’’ tuturnya.
Tak kalah pentingnya juga membagikan vitamin. Vitamin diperlukan untuk menjaga imunitas tubuh masyarakat. ‘’ Imunitas ini perlu untuk membentengi tubuh dari serangan virus. Itu juga kita bagikan kepada pengendara,’’ katanya.
Sukarta mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan secara serentak. Kemudian di Mataram dilaksanakan dibeberapa titik. Kegiatan itu juga bagian dari aksi kepolisian peduli covid-19. Tujuannya adalah untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19.
Saat kegiatan berlangsung. Petugas juga menegur pengendara yang melanggar peraturan lalu lintas. Utamanya pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm. Petugas langsung memberikan imbauannya. ‘’ Kita imbau yang melanggar. Kalau memang fatal sekali, kita ambil tindakan berupa tilang,’’ tegasnya.
Kegiatan tersebut mendapat perhatian dari pengendara yang melintas. Beberapa pengendara yang tidak menggunakan masker. Langsung meminta masker kepada petugas. ‘’ Saya lupa pakai. Perlu juga hand sanitizer dan vitaminnya. Terima kasih sudah dikasi oleh petugas kepolisian,’’ ungkap Andri.
Secara keseluruhan, giat pembagian masker, hand sanitizer dan vitamin ini berjalan aman dan lancar. (MRC-03)