MATARAMRADIO.COM – Untuk pertama kalinya di Asia dan Indonesia, sebuah penghargaan musik kelas dunia, Billboard mempersembahkan Billboard Indonesia Music Awards 2020.

Ajang ini sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi kepada musisi Indonesia yang selama ini telah memberikan dedikasi waktu dengan berkarya, menciptakan lirik dan lagu yang menjadi inspirasi banyak orang yang akhirnya masuk di Billboard Indonesia TOP 100.

Billboard yang dikenal sebagai salah satu penggerak tangga lagu populer di bisnis musik dunia, menjadi barometer bagi para musisi atas kesuksesan karya lagunya. Kehadiran program Billboard Indonesia Music Awards ini diharapkan dapat membangkitkan semangat dan kreativitas para insan musik di Tanah Air.

“Bedanya dengan tahun ini perjuangan panjang, dari segi nominasi lagu yang mungkin bertanya kenapa ada Panbers, ini uniqueness-nya dari Billboard Music Award buat kita enggak ada batasan waktu. Penghitungan datanya diambil dari berbagai platform di mana musik itu dimainkan sehingga hasilnya sangat akurat,” ujar Dini Putri selaku Programming & Acquisition Director seperti dikutip dari vivanews.com.

Dini mengatakan, adanya ekpektasi untuk bisa memberikan lebih dari apresiasi karena musik itu tak berbatas waktu. “Kita harapkan semakin ke depan musisi dari berbagai usia dan berbagai genre,” ucapnya.

BACA JUGA:  10 Penyanyi India Legendaris, Siapa Mereka?

Malam puncak perdana Billboard Indonesia Music Awards 2020 akan disiarkan langsung pada tanggal 26 Februari 2020 dengan penampilan dari para nominasi.

Musisi-musisi tanah air dari berbagai genre akan memenuhi panggung Billboard Indonesia Music Awards 2020 ini.

Hadirkan Musisi Lintas Generasi

Tak hanya dari berbagai genre, Billboard Indonesia Music Awards 2020 juga akan diramaikan oleh musisi lintas generasi.

Apalagi kini semakin banyak musisi pendatang baru yang semakin membuat belantika musik tanah air semakin berwarna.

Musisi-musisi tanah air dari berbagai genre akan memenuhi panggung Billboard Indonesia Music Awards 2020 ini.

BACA JUGA:  Hai Jazz Lovers! Kahitna, Melly Goeslaw, Nadin Amizah dan Mus Mujiono Siap Meriahkan Senggigi Sunset Jazz 2023 Minggu ini

Tak hanya dari berbagai genre, Billboard Indonesia Music Awards 2020 juga akan diramaikan oleh musisi lintas generasi.

Apalagi kini semakin banyak musisi pendatang baru yang semakin membuat belantika musik tanah air semakin berwarna.

Ada 12 kategori Billboard Indonesia Music Awards 2020, mulai Top 100 Song of the Year hingga Top Karaoke Song of the Year.

Di kategori Top 100 Song of The Year, para nominatornya Adu Rayu (Yovie Widianto, Tulus, Glenn Fredly), Cinta Karena Cinta (Judika) hingga Hanya Rindu (Andmesh).

Ada pula Rayu (Marion Jola, Laleilmanino) dan Tolong (Budi Doremi).

Pada Top Collaboration Song of the Year, nominatornya Adu Rayu (Yovie Widianto, Tulus, Glenn Fredly), Amin Paling Serius (Sal Priadi dan Nadin Amizah), Bebas (Iwa K, Sheryl Sheinafia, Maizura, Agatha Pricilla), Tak Ingin Pisah Lagi (Marion Jola, Rizky Febian) dan Waktu yang Salah (Firesa Besari feat Tantri).

BACA JUGA:  Diisukan Bercerai, Abhisek Aishwarya Rai Bachchan Makin Romantis


Kolaborasi Arsy Widianto dan Brisia Jodie bersaing dalam Top New Artist of the Year dengan Hindia (Baskara Putra), Membasuh (Rara Sekar), Marion Jola feat Rayi Putra (Jangan).


Karya solo Brisia Jodie yang berjudul Kisahku dan Nadin (Sorai) juga masuk nominasi ini.

Kategori Top Streaming Song of the Year (audio) yakni Adu Rayu (Yovie Widianto, Tulus, Glenn Fredly), Cinta Karena Cinta (Judika), Cinta Luar Biasa (Andmesh), Rayu (Marion Jola, Laleilmanino), serta Tolong (Budi Doremi).

• Setelah 7 Tahun Bermusik Bersama, Jackline J Rossy Memutuskan Keluar dari Band Cokelat

• Tutup Konser Where Do We Go? World Tour, Billie Eilish Singgah ke Indonesia dan Tampil di Jakarta

Latar belakang hadirnya penghargaan musik kelas dunia ini dimulai sejak pertama kali muncul dan menyapa pecinta musik di Indonesia.

“Harapan Billboard Indonesia dan RCTI dengan adanya Billboard Indonesia Music Awards 2020 ini makin membuat musik Indonesia sehat dan tampil dengan beragam warnanya dan memberikan kesejahteraan yang baik dengan tata kelola musik di Indonesia yang transparan dan bertanggung jawab,” kata Adib Hidayat selaku Editor-in-Chief Billboard Indonesia. (Tim-MRC/Dari berbagai sumber)