Kadisnakertrans NTB: Pengusaha UMKM Agar Kuasai Manajemen Bisnis

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi NTB, I Gede Putu Aryadi, S.Sos, M.H dalam giat Pelatihan Peningkatan Produktivitas di Desa Aiq Darek Lombok Tengah belum lama ini.

Menurut Gede, pihaknya  tak hentinya menegaskan pentingnya UMKM menguasai manejemen bisnis. Para pekerja dan pengelola  UMKM serta pekerja di sektor Industri Rumahan, harus memiliki pengetahuan tentang cara mengelola usaha secara produktif. Itulah yang disebut pelatihan peningkatan Produktivitas.

“Dengan manejemen produktivitas, UMKM yang bapak/ibu kelola, diharapkan bisa terus tumbuh dan berkembang, mendapatkan profit  dan benafit yang lebih besar sehingga lambat laun menjadi usaha mandiri yang mampu bersaing dalam skala yang lebih luas, efektif dan berkelanjutan,” ungkapnya.

Aryadi menjelaskan bahwa pelatihan produktivitas, tidak hanya memberikan pengetahuan tentang keterampilan teknis dalam menjalankan usaha, tetapi juga bertujuan untuk meningkatkan kapasitas manajemen usaha dan strategi pemasaran yang efektif.

“Pemilik usaha harus mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan tren pasar yang terus berubah. Oleh karena itu, kami juga memberikan bimbingan dan konsultasi untuk membangun branding yang kuat dan strategi penjualan yang lebih efisien,” ujarnya.

Disebutkan Aryadi, syarat utama pemilik usaha saat ini adalah harus menguasai teknologi dan mempelajari selera pasar.  “Persaingan dalam bisnis terletak pada branding. Walaupun sama-sama usaha pembuatan terasi, hasil penjualan tidak akan sama. Pemilik usaha harus menjaga kualitas produk, memiliki resep khusus, kekuatan merk (branding), dijamin tidak menimbulkan efek kesehatan dan lingkungan. Jika semua itu sudah terpenuhi, maka usaha bapak/ibu akan menjadi yang terdepan,“ terang Aryadi.

BACA JUGA:  Jaga Inflasi: Pemprov NTB Perbanyak Pasar Murah Jelang Ramadhan
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi NTB, I Gede Putu Aryadi, S.Sos, M.H I foto istimewa

Selain itu, program pelatihan ini juga memberikan penekanan pada pentingnya pemanfaatan teknologi digital dalam memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan daya saing produk UMKM.

“Pemilik usaha harus memahami cara memanfaatkan platform digital dan media sosial sebagai sarana promosi dan penjualan yang efektif. Hal ini akan membantu mereka untuk menjangkau konsumen lebih luas dan meningkatkan pangsa pasar,” imbaunya.

Sementara itu Plt. Kepala BPVP Lombok Timur, Verry Fahruddin, menjelaskan bahwa pelatihan ini akan diajarkan teknik menggunakan alat dan metode untuk meningkatkan produktivitas. Intinya semua diajarkan agar produktivitas bisa meningkat dan usaha bisa berkembang.

“Prinsipnya hari ini harus lebih baik dari kemarin. Dan hari besok harus lebih baik dari hari ini. Seperti prinsip Kaizen yang digunakan oleh orang Jepang, yaitu berubah menjadi lebih baik,” tuturnya.

Verry juga menginformasikan bahwa pelatihan ini bersifat kontinu dan tidak selesai sampai di sini. Setelah ini, nanti akan ada lagi kegiatan bimbingan konsultasi peningkatan produktivitas, yang lebih fokus ke tempat usahanya. Kemudian ada lagi kegiatan pengukuran peningkatan produktivitas, yaitu UMKM yang dinilai sukses meningkatkan produktivitasnya akan diberikan penghargaan Sidhakarya untuk tingkat provinsi dan penghargaan Paramakarya untuk tingkat nasional.

“Oleh karena itu kami berharap Bapak/Ibu bisa serius dalam pelatihan ini, sehingga nanti bisa mengikuti pelatihan berikutnya dan memberikan dampak positif terhadap pembangunan ekonomi NTB,” ujarnya.

BACA JUGA:  Menkop Teten Masduki Bantah Tak Ada Program PEN "1 Orang 3 Sapi" di NTB

Diapresiasi Kepala Desa

 Pelatihan ini merupakan bagian dari program yang digagas Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Lombok Timur dan Disnakertrans NTB dalam rangka mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Kegiatan digelar di 2 lokasi, yaitu di Desa Aik Darek, Kec. Batukliang, Kab. Lombok Tengah dan di Desa Rensing Bat, Kec. Sakra Barat, Kab. Lombok Timur.

Pelatihan Peningkatan Produktivitas di Desa Aiq Darek diikuti oleh 25 orang perwakilan dari 25 UMKM yang bergerak di usaha kuliner, fashion dan menjahit. Sementara di Desa Rensing Bat diikuti oleh 25 orang perwakilan dari 4 UMKM dengan jenis usaha kuliner, perbengkelan las, dan menjahit. Sebagai informasi, ke-4 UMKM di Lombok Timur, yaitu Putra Kembar, Bengkel Las Angga Jaya, Maju Bersama, dan Bale Taylor telah mendapat bantuan peralatan usaha dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) pada tahun 2022 dan 2023.

Sekretaris Kepala Desa Aik Darek, Kab. Loteng, Mujtahudin memaparkan Desa Aik Darek terdiri dari 13 dusun dengan jumlah penduduk 11.459 dan potensi daerah di bidang pertanian. Oleh karena itu, Ia menganggap Pelatihan Peningkatan Produktivitas adalah kegiatan yang sangat tepat dan bisa menjadi kesempatan besar bagi masyarakat yang memiliki UMKM baik Usaha Daerah (UD) dan Industri Rumahan (IR). “Serap ilmunya sehingga nanti UMKMnya ada pengembangan. Karena Aik Darek ini termasuk daerah wisata (read: arung jeram) dan sudah ada homestay. Sehingga ketika ada festival wisata bisa diisi oleh UMKM dari desa ini,” pesan Mujtahudin kepada para peserta.

BACA JUGA:  KEK Mandalika Berimbas ke Masyarakat

Mujtahudin juga menyampaikan apresiasinya atas inisiatif pemerintah daerah dan berharap bahwa program ini akan mendorong lahirnya lebih banyak lapangan kerja di wilayah tersebut. Ia menyebutkan bahwa masyarakat Aik Darek banyak yang bekerja ke luar negeri baik itu Arab Saudi, Malaysia, Taiwan, Jepang. Dan yang kebanyak pergi adalah perempuan.

“Semoga dengan adanya pelatihan ini, Ibu-Ibu tidak lagi berharap ke luar negeri karena sudah bisa mencari uang di sini. Jadi kepada Bapak-Bapaknya juga saya pesan agar peduli untuk mengembangkan UMKMnya,” ujarnya.

Hal yang sama disampaikan oleh Kepala Desa Rensing Bat Lombok Timur, Suhirman, bahwa Pelatihan Peningkatan Produktivitas dapat mendorong lahirnya lebih banyak lapangan kerja di wilayah Rensing Bat.

Ia menyebutkan Desa Rensing Bat sendiri memiliki potensi sumber daya alam yang besar, terutama dalam sektor pertanian dan kerajinan lokal.

“Dengan adanya program bantuan dan pelatihan ini, diharapkan UMKM di NTB dapat tumbuh dan berkembang lebih baik, sehingga mampu memberikan kontribusi yang lebih signifikan bagi perekonomian regional dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Suhirman berharap melalui kolaborasi yang erat antara pemerintah daerah, lembaga terkait, dan pelaku usaha, UMKM di NTB akan semakin kuat dan mampu bersaing di pasar yang semakin global. Langkah-langkah ini juga diharapkan dapat menciptakan lingkungan usaha yang kondusif dan mendukung bagi pertumbuhan UMKM secara berkelanjutan. (editorMRC)