Hitungan Sementara KPU: Putra TGB Rifky Farabi Peringkat Pertama Suara Terbanyak DPD RI Dapil NTB

Dilihat MATARAMRADIO.COM di situs KPU, Kamis (15/2/2024) pukul 21.16 WITA, surat suara DPD di daerah pemilihan (dapil) NTB  yang sudah masuk KPU mencapai 32,35  %. Jumlah suara di dapil NTB yang masuk sebanyak 5255 dari 16.243 TPS.

Berdasarkan hitungan sementara  di situs KPU, Muhammad Rifki Farabi untuk sementara memperoleh suara terbanyak yakni 36.769 suara atau 9,21% disusul TGH Ibnu Halil SAg MPdI di peringkat kedua dengan raihan 34.334 suara atau 8,6%.

BACA JUGA:  Bupati KSB Menuju NTB Satu: Ini Analisa Politisi Senior dan Analis Politik NTB!

Peringkat ketiga ditempati Hj Evita Maya SH MKn yang memperoleh 31.011 suara atau 7,77%, peringkat keempat dipegang  H Ahmad  Sukisman Azmy MH dengan perolehan 30.283 suara atau 7,59 %. Sedangkan peringkat kelima ditempat H Lalu Suhaimi Ismy dengan perolehan 28,361 suara atau 7.11%. Empat nama terakhir merupakan anggota DPD petahana.

Dalam keterangan di laman resmi kpu.go.id menyebutkan, hasil yang ditampilkan KPU ini merupakan hitungan langsung (real count), namun bukan hasil akhir perolehan suara DPD hasil Pemilu 2024. Proses penghitungan suara oleh KPU masih berjalan untuk menentukan jumlah 4 kursi yang diperebutkan calon anggota DPD untuk Provinsi NTB.

BACA JUGA:  Capres-Cawapres Diajak Deklarasikan Komitmen Kemerdekaan Pers

KPU menyatakan publikasi form model C/D hasil adalah hasil penghitungan suara di TPS dengan tujuan memudahkan akses informasi publik.

KPU juga menyatakan penghitungan suara yang dilakukan oleh KPPS, rekapitulasi hasil penghitungan suara dan penetapan hasil pemilu dilakukan secara berjenjang dalam rapat pleno terbuka oleh PPK, KPU kabupaten/kota, KPU provinsi, dan KPU berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.

BACA JUGA:  Dua Petahana Berpotensi Terpilih Sebagai Wakil Rakyat di DPRD Lotim Dapil 4, Sisanya Wajah Baru?

Perkembangan hasil real count KPU dapat dilihat di sini. (editorMRC)