Sempat Berpolemik, Tiga Prodi Fisipol Bergabung dengan FH Unram. Ada Apa?

MATARAMRADIO.COM – Teka teki status 3 program studi yang menjadi cikal bakal pembentukan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Mataram akhirnya terjawab. Tiga program studi tersebut yakni Ilmu Komunikasi, Sosiologi dan Hubungan Internasional kini resmi bergabung sebagai bagian dari program studi Fakultas Hukum Universitas Mataram.

Hal tersebut diperkuat dengan terbitnya Surat Keputusan Rektor Universitas Mataram nomor 11673/UN18/HK/2023 terhitung Senin 14 Agustus 2023.

Menurut Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Unram Dr Agus Purbathin Hadi, bergabungnya tiga program studi yang menjadi cikal bakal pembentukan Fakultas baru Unram tersebut sebagai konsekuensi logis dari belum dicabutnya moratorium pembentukan Fakultas baru oleh Kementerian Dikbud dan Ristek.”Penggabungan ini sifatnya sementara hingga Unram bisa berubah status Badan Hukum untuk menambah fakultas baru. Ya selambat-lambatnya tahun 2025,”jelasnya kepada MATARAMRADIO.COM, Rabu (16/8)

BACA JUGA:  Surat Terbuka Untuk Kapolda NTB

Melalui kanal youtube resmi HIMIKOM Unram, Doktor Agus memaparkan panjang lebar sejarah pembentukan tiga program studi yakni Ilmu Komunikasi, Sosiologi dan Hubungan Internasional sebagai embrio pembentukan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Unram yang hingga kini masih terganjal aturan pusat.”Kalau moratorium dicabut, otomatis Fisipol Unram akan terbentuk. Bahkan bila status badan hukum Unram berubah tahun depan, maka Fisipol segera diusulkan. Semua syarat terpenuhi. Tiga prodi ini jurusan favorit. Peminatnya terus meningkat. Jumlah mahasiswa kita saat ini ada 1800 orang,”ulasnya.

BACA JUGA:  Prof Asikin : Berharap Penyelesaian Terbaik
Dr Agus Purbatin Hadi, Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Mataram /istimewa

Doktor Agus juga tidak menampik pro kontra bergabungnya tiga program studi tersebut ke Fakultas Hukum Unram. Tidak saja di kalangan mahasiswa, tetapi kalangan dosen dan guru besar antar fakultas di kampus yang dulu dijuluki Kampus Seribu Cemara.

Salah seorang guru besar FH Unram Prof Dr H Zainal Asikin SH SU adalah salah satu akademisi yang sangat mendukung terbentuknya Fisipol sebagai Fakultas baru di Universitas Mataram.”Saatnya Unram membuka prodi dan fakultas yang sedang populer dan ramai peminat. Yang sepi peminat digabungkan dengan fakultas lain. Ini demi kemajuan Unram di masa depan,”sebut Prof Asikin dalam status di akun media sosialnya (EditorMRC)

BACA JUGA:  Dijanjikan ke Abudhabi, Bekerja di Turki