IKA SMANSABAYA Bahas Sinergi Program Sekolah dan Alumni

MATARAMRADIO.COM – Pengurus Pusat Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Pringgabaya menggelar silaturahmi dan dialog terbuka dengan Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Pringgabaya Lombok Timur dan jajarannya pada Rabu (1/3).

Rombongan diterima langsung 4 Wakil Kepala Sekolah yakni M Saleh S.Pd (Wakasek Kesiswaan), Drs Hafizin (Wakasek Kurikulum), Lalu Badri SPd (Wakasek Sarana) , Suhardi SE ME selaku Wakasek Humas dan Guru Senior I Wayan Swartika,S.Pd.

Sedangkan rombongan PP IKA SMANSABAYA sebanyak 6 orang antara lain Sukri Aruman selaku Ketua Umum, Kaspul (Sekretatis Jenderal), Tati Herawati (Wasekjen), Budiyadi (Bendum), Nuniek Mediyanti ( Korbid Keuangan , Aset dan Sarana Prasarana serta Iin Lutfi selaku Plt Korbid Humas, Pubdok dan Protokoler IKA SMANSABAYA.

Suasana dialog berlangsung penuh keakraban dan kekeluargaan.

Dari Stunting Hingga Seleksi Paskibra

Secara bergiliran Wakil Kepala Sekolah menyampaikan catatan dan apresiasinya serta menyambut baik giat alumni untuk kemajuan sekolah.

Bahkan Wakasek Kesiswaan M Saleh SPd secara khusus menceritakan pengalamannya ikut program studi tiru ke SMA yang terkenal maju di Bandung Jawa Barat.”Ternyata kontribusi alumninya sangat besar mendukung kemajuan almamaternya di berbagai kegiatan dan kejuaraan sehingga bisa berprestasi hingga tingkat internasional di bidang olimpiade sains dan matematika. Kita berharap IKA melakukan hal serupa juga disini,”harapnya.

BACA JUGA:  Kuota Pendakian Rinjani Ditambah

Dia juga kembali mengingatkan bahwa banyak adik siswa berprestasi yang berasal dari keluarga tidak mampu sehingga terancam putus sekolah dan bahkan tidak bisa lanjut kuliah karena alasan ekonomi orang tuanya.”Inilah salah satu masalah yang butuh perhatian pengurus alumni bagaimana mencarikan solusinya melalui beasiswa atau yang lain,”ujarnya.

Informasi berbeda disampaikan Wakasek Kurikulum Drs Hafizin yang memaparkan panjang lebar program sekolah peduli stunting yang melibatkan pengurus OSIS.”Nah silakan alumni juga bisa ikut ambil bagian mensukseskan program ini lewat donasi atau sejenisnya,”harapnya.

Hal senada diungkapkan Suhardi SE ME selaku Wakasek Humas yang menekankan pentingnya keterlibatan alumni dalam program penyuluhan dan edukasi tehtang stunting.”Alumni kita libatkan untuk memberikan pemahaman yang cukup kepada para penerima paket bantuan yang akan didistribusikan sekolah dalam waktu dekat.

Menyikapi berbagai program dan masukan pihak sekolah, Sukri Aruman selaku Ketua Umum IKA SMANSABAYA menyampaikan beberapa hal berkaitan dengan giat program Ikatan alumni sepanjang tahun 2023.

Disebutkan, pihaknya tidak ingin muluk muluk melaksanakan program. Sebab tahun pertama merupakan tahun konsolidasi pengurus dan alumni.
Meski demikian, pihaknya menyiapkan beberapa program unggulan untuk semester pertama yang puncaknya digelar pada Mei 2023.

BACA JUGA:  Bersih Pantai Majukan Wisata

Program tersebut diupayakan bisa sejalan dengan agenda sekolah.”Kehadiran kami sebagai alumni semata-mata ikut mendukung visi dan misi sekolah,”ujarnya.

Ia menyebutkan, tantangan berat pengurus adalah bagaimana meyakinkan alumni bahwa IKA merupakan perkumpulan alumni yang mandiri, netral dan tidak berafiliasi dengan kelompok kepentingan manapun.”Kita hadir murni untuk menyatukan dan memaksimalkan potensi alumni yang tersebar di seluruh penjuru negeri dari Sabang sampai Merauke,”jelasnya.

Usai kunjungan ke sekolah, PP IKA menggelar Rakor pengurus yang bersepakat ikut ambil bagian mensukseskan program sekolah peduli stunting.”Kami telah membentuk Satgas Alumni Peduli Stunting,”katanya.

Dijelaskan, Pengurus Pusat telah menunjuk Nuniek Mediyanti STrGz sebagai Ketua Satgas Alumni Peduli Stunting yang akan bertugas melakukan koordinasi dan sinergi dengan pihak sekolah untuk suksesnya program terkait.”Kami juga bersepakat untuk mengumpulkan donasi alumni melalui Alumni Care Centre yang nanti akan digunakan untuk pengadaan paket bantuan makanan kepada keluarga penerima program bekerjasama dengan pihak sekolah dan pihak terkait di lingkar sekolah,”paparnya.
Intinya, lanjut Sukri, Satgas juga akan melakukan edukasi dan penyuluhan kepada target sasaran tentang stunting dan apa kiat kiat nya agar anak-anak mereka terhindar dari stunting.”Kebetulan Ketua Satgasnya ahli gizi dan tahu hal ikhwal tentang penyakit ini, maka kita maksimalkan edukasi dan penyuluhan stunting agar semakin pahamlah masyarakat kita di desa tentang ini, utamanya ibu ibu hamil dan menyusui, pasangan usia subur, calon ibu rumah tangga dan lain-lain,”tukasnya seraya menambahkan IKA SMANSABAYA akan terus berkoordinasi dengan sekolah untuk menjalankan program kegiatan bagi kemajuan alumni dan sekolah serta lingkungan sekitar.

BACA JUGA:  Putri Dinda Gunawan: Beberkan Alasan  Jadi Aktivis Sosial!

Selain program alumni peduli stunting, IKA SMANSABAYA juga berkoordinasi dengan sekolah berkaitan pendampingan siswa berprestasi dari keluarga tidak mampu agar bisa lanjut kuliah melalui jalur beasiswa, pendampingan bimbingan belajar Olimpiade Sains dan beberapa program kegiatan semester pertama yang puncaknya berupa Bulan Apresiasi Hardiknas yang digelar pada Mei 2023 mendatang.”PP sedang mematangkan konsepnya dan insyaallah kita ikhtiarkan untuk kemajuan alumni dan SMA Rau,”pungkasnya.

Usai dialog, dilakukan serahterima dokumentasi arsip berupa figura kumpulan foto Ketua OSIS SMA Negeri 1 Pringgabaya yang diinisiasi bersama PP IKA dan Forum Ketua OSIS (Forketos) diserahterimakan kepada Wakasek Kurikulum Drs Hafizin dilanjutkan foto bersama. Siplah! (EditorMRC)